Cleaning Laptop Maintenance Repairs

Duhh.. perih banget ini mata.. Sampe berair 🙁 Terlalu lama di depan layar bisa jadi penyebabnya. Semua aktivitas jadi online membuat kamu mau tidak mau harus selalu mengandalkan laptop/PC. Bahkan selain mata kamu akan terasa lelah juga bisa menyebabkan pusing/sakit kepala loh Guys. Maka dari itu, PemmzTechie akan membagikan beberapa tips untuk menghindari efek mata lelah saat berada di depan laptop/PC dalam waktu yang lama. Simak informasi berikut ya Guys!

  • Mengaktifkan Windows Dark Mode 

Untuk mengaktifkan Dark Mode, kamu bisa melakukan langkah berikut ya! Pertama kamu bisa ke Windows Settings, pilih Personallization lalu pilih Color, dan pada opsi Choose your Color pilih Dark. 

Secara otomatis tampilan  sistem operasi Windows 10 perangkat kamu akan berubah menjadi serba hitam dan tentunya akan lebih nyaman di mata. Berbagai aplikasi bawaan Windows 10 seperti Mail, Calculatior, Microsoft Store, File Explorer juga secara otomatis tampilannya akan berubah jadi hitam. Termasuk juga software/aplikasi lain yang telah mendukung Dark Mode, tampilannya akan otomatis berubah menjadi hitam.

  • Mengaktifkan Mode Night Light

Setelah Dark Mode di laptop kamu aktif, maka selanjutnya kamu bisa mengaktifkan mode Night Light. Mode ini memungkinkan sistem operasi Windows 10 menampilkan filter untuk mengurangi pancaran sinar cahaya biru dari layar laptop agar mata kamu bisa terhindar dari efek lelah. Jika kamu merasa layar laptop/PC kamu terlalu kuning, pengaturan manual bisa dilakukan dengan cara ke Setting. Kemudian pilih System, pilih Display dan klik Night Light Settings. Kemudian kamu bisa menggeser opsi Strength sesuai selera kamu. Selain itu, anda juga bisa mengatur jadwal kapan fitur Night Light aktif dan non-aktif secara otomatis.

  • Menurunkan Tingkat Kecerahan Layar 

Walaupun tampilan dengan kecerahan tinggi membuat kita bisa melihat dengan jelas tapi ternyata itu yang justru membuat mata kamu jadi cepat lelah dan perih loh Guys. Kamu bisa menurunkan tingkat kecerahan layar jadi 30-50% agar nyaman bagi kesehatan mata kamu. Cara mengaturnya kamu bisa menekan tombol pintas di pojok kanan layar melalui Action Center. Atau kamu juga bisa mengaturnya secara manual dengan cara ke Setting, lalu pilih Display kemudian geser pengaturan tingkat kecerahan atau Brightness yang tersedia sesuai selera.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya Guys! Selamat mencoba! Jangan lupa untuk beristirahat jangan sampai mata kamu benar-benar kelelahan ya Guys!