Cleaning Laptop Maintenance Repairs

Siapa sih yang gak kesel kalo tiba-tiba layar laptop mati pas lagi asik nonton? Atau bahkan lagi meeting online sama calon klien, layar laptop kamu mendadak Blue Screen. Duh, pasti nyebelin banget kan Guys? Semua aktivitas kita jadi terhambat karena sekarang laptop menjadi kebutuhan utama kita. Mau gak mau, kamu harus cari tahu dulu penyebab laptop kamu sering blue screen. 

Apa sih itu Blue Screen? 

Blue Screen atau disebut BSOD (Blue Screen of Death) dalam istilah komputer terjadi saat sistem operasi windows mengalami kesalahan (error) sehingga sistem operasi terpaksa dihentikan (stop).  Blue Screen hanya terjadi pada sistem operasi Windows atau sistem operasi berbasis Windows. 

Beberapa penyebab yang dapat menimbulkan masalah BSOD atau Blue Screen yakni seperti adanya terjadinya kesalahan pada saat instalasi driver VGA, saat instalasi OS, atau juga seringkali terjadi karena kerusakan komponen hard ware seperti HDD atau Hard Disk, Memory (RAM), VGA, dan Memory pada Processor. Selain itu, mungkin banyak juga penyebab lain yang dapat menimbulkan layar Blue Screen atau BSOD. 

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar blue screen. Yuk simak informasi berikut ini!

1. Menggunakan System Restore

Jika blue screen baru saja terjadi di perangkatmu maka kamu bisa menggunakan System Restore untuk mengatasinya. Hal ini akan membuat kamu kembali ke keadaan sebelumnya. Bila setelah digunakan System Restore, maka bisa jadi Blue Screen terjadi karena kesalahan software. 

2. Scan Malware 

Berikutnya yang bisa dilakukan yakni melakukan scanning perangkat laptop menggunakan software antivirus. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi adanya virus malware. Apabila virus malware telah menembuh hingga ke dalam Windows apalagi samapi di tahap membuat sistem operasi Windows menjadi tidak stabil. Kamu perlu mendeteksi apakah ada kehadiran virus malware di dalam perangkatmu dan jika memang ada itu bisa jadi salah satu faktor layar laptopmu blue screen

3. Install Update Driver 

Sebuah driver di dalam perangkat laptop apabila salah install ataupun tidak di-update dapat menyebabkan crash. Dan hal tersebutlah yang dapat membuat layar laptop kamu menjadi blue screen. Kamu bisa melakukan pengunduhan driver terbaru di service center terdekat.

4. Meng-Install Ulang Windows 

Ketika blue screen terjadi terus menerus, hal yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan peng-installan ulang WindowsKamu bisa membawanya ke tempat jasa servis laptop terdekat. Siapa tahu ketika kamu sudah melakukan install ulang Windows, penyakit Blue Screen pada laptop kamu sudah sembuh.

5. Memerika Komponen Hard Ware 

Ketika layar laptopmu terus-menerus mengalami blue screen, tindakan yang tepat yang harus segera kamu lakukan adalah melakukan pemeriksaan terhadap komponen di dalam perangkat laptopmu. Pengecekan terhadap komponen hard ware di dalam laptop Tak perlu pusing dan bingung, kamu bisa menyerahkan masalah layar laptop yang blue screen laptopmu kepada Mr.ZetZet. Daripada fokus pada masalah, yuk mulai temukan solusinya! Khusus buat kamu yang membaca tulisan ini, ada penawaran spesial dari Mr. Zetzet yakni berupa pick up service yang bisa kamu dapatkan secara gratis loh!

Caranya, kamu cukup menghubungi kami melalui kolom chat yang tersedia pada halaman ini atau melalui nomor WA: 085776938938. Nah, disana kamu dapat memberitahu customer service kode “ZETJAKBAR untuk mendapatkan layanan free pick up. Yuk buruan serahkan masalah laptop kamu kepada Mr. Zetzet, Check, Clean and Optimize!