Cleaning Laptop Maintenance Repairs

Berbicara tentang RAM memang sudah diakui bahwa komponen tersebut berperan penting dalam memberikan kinerja perangkat elektronik yang maksimal. Semakin besar kapasitas RAM dari suatu perangkat. maka semakin tinggi pula kemungkinan kinerja yang dihasilkan. Tidak hanya itu, dengan kapasitas RAM yang tinggi, dapat mendukung penggunaan berbagai penggunaan aplikasi/software yang cukup berat namun tetap berjalan dengan stabil.

Lalu, pernahkah kamu menyadari laptop kamu yang terus-menerus digunakan kian hari kinerjanya kian melambat? Kok laptopku makin lemot parah ya? Padahal cuma digunakan untuk browsing, streaming film, dan kerja. Nah, jika kamu sudah merasakan penyakit laptop sudah semakin berulah lemotnya, perlu diketahui bahwa penggunaan laptop yang berintensitas tinggi dapat memicu penurunan kinerja laptop. Satu hal yang sering dilupakan adalah membersihkan memori laptop, yakni misalnya RAM. Jika RAM pada laptop kamu tidak pernah dibersihkan, maka wajar saja itu membuat kinerja laptop mulai melambat karena tidak bisa bekerja maksimal. Yuk intip dulu beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi laptop lemot akibat RAM yang penuh dan tidak pernah dibersihkan.

1. Melakukan Restart Perangkat 

Pertama-tama, kamu perlu melakukan restart pada laptop. Hal ini bertujuan agar memori pada perangkat laptop mengatur ulang kembali program-program yang sedang berjalan. Langkah pertama ini tidak akan mendorong kinerja RAM jadi lebih tinggi ya Guys! Melainkan, proses ini berguna untuk membersihkan aplikasi/program yang berjalan atau memakan banyak kapasitas dari RAM. 

2. Menggunakan Task Manager

Selanjutnya, yang bisa kamu lakukan adalah mematikan program/aplikasi yang sedang berjalan menggunakan Task Manager. Dan melalui Task Manager, kamu bisa mengecek aplikasi apa saja yang memakan banyak ruang di RAM laptop ketika dijalankan. Cara gampangnya yakni kamu bisa menggunakan shortcut di keyboard dengan menekan tombol “CTRL+SHIFT+ESC” secara bersamaan. Atau cara lainnya kamu bisa secara manual, mengetik di menu windows  > Task Manager.

Setelah Task Manager sudah dibuka, maka selanjutnya kamu bisa masuk menuju bagian “More Detail” lalu klik pada tab “Process” dan “Memory” untuk lebih mengetahui apa saja program yang menghabiskan banyak ruang di RAM. Ketika sudah mengetahui aplikasi apa saja, kamu bisa menutup aplikasi itu dengan masuk ke tab “Process” lalu tinggal klik aplikasi mana yang akan ditutup kemudian klik kanan dan pilih “End Process”. Maka secara otomatis, aplikasi tersebut akan tertutup.

3. Melakukan Uninstall Program 

Selanjutnya setelah menutup aplikasi yang sedang berjalan, jika karena keberadaan aplikasi itu memang benar memenuhkan RAM pada laptop kamu maka sebaiknya di-uninstall saja. Kamu bisa mempertimbangkan terlebih dahulu, apakah aplikasi tersebut memang dibutuhkan atau tidak. Jangan sampai kamu menyesal ketika sudah dihapus.

Nah, jika kamu sudah yakin cara untuk melakukan uninstall program adalah dengan cara masuk ke bagian Setting pada perangkat. Kemudian, kamu bisa memilih aplikasi yang hendak di-uninstall dan tinggal mengklik uninstall. Selanjutnya kamu tinggal menunggu hingga prosesnya selesai dan ketika sudah terhapus otomatis ruang penyimpanan di RAM kamu menjadi lebih luang.

4. Menonaktifkan Program Start-Up 

Ada beberapa program atau aplikasi yang saat perangkat laptop baru dijalankan mereka secara otomatis berjalan. Nah sebenarnya hal ini juga dapat mempengaruhi kinerja RAM jadi bekerja lebih banyak. Untuk menonaktifkannya, kamu bisa masuk ke bagian Task Manager sama seperti sebelumnya. Setelah itu, masuk ke bagian “Startup”, dan kamu bisa mematikan aplikasi-aplikasi yang menurut kamu tidak dibutuhkan berjalan secara otomatis saat perangkat baru dihidupkan dengan cara klik “disable”. 

5. Menggunakan Aplikasi RAM Cleaner 

Dan yang terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi khusus untuk membersihkan data-data yang menumpuk pada RAM. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi RAM Cleaner. Cara kerja dari aplikasi ini adalah mematikan aplikasi-aplikasi yang jarang dipakai atau dalam keadaan (Iddle). Meskipun begitu, aplikasi tersebut masih bisa dibuka apabila dibutuhkan. Anda bisa mencari beberapa aplikasi RAM Cleaner di berbagai sumber terpercaya.

So, itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan RAM agar kinerja laptop tidak terhambat karena lemot atau keberatan memori. Selain membersihkan RAM dari segi software, perlu diketahui bahwa penting juga untuk membersihkan komponen-komponen hardware di dalam perangkat laptop kamu. Pernahkah kamu membayangkan seberaba banyak kotoran dan debu yang menumpuk di dalam perangkat laptop karena tidak pernah dibersihkan sejak pembelian? Justru, sebenarnya hal itu bisa membuat nyawa laptop mu terancam. Hal ini dikarenakan, komponen-komponen yang tertutup kotoran dan debu tidak bisa bekerja dengan maksimal. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menyerahkan masalah laptop yang kotor kepada Mr.ZetZet. Spesialnya lagi khusus buat kamu yang membaca tulisan ini,  Mr. Zetzet akan memberikan pick up service secara gratis loh!

Caranya, kamu cukup menghubungi kami melalui kolom online chat yang tersedia pada halaman ini atau melalui nomor WA: 085776938938. Nah, disana kamu dapat memberitahu customer service kodeZETJAKBAR untuk mendapatkan layanan free pick upYuk buruan serahkan masalah laptop kamu kepada Mr. Zetzet, Check, Clean and Optimize!