Fun Fact Laptop&PC Maintenance

Saat ini kebanyakan perangkat laptop sudah menggunakan OS berbasis Windows 10. Dan perlu diketahui ternyata OS Windows versi terbaru ini memiliki cukup banyak fitur-fitur yang di-update guna menunjang aktivitas yang lebih optimal lagi. Namun dibalik kebaruannya, masih banyak pengguna laptop yang belum mengetahui semua fitur yang tersedia di Windows 10.

So, kali ini khusus untuk Pemmzholics Mr.ZetZet akan bagiin beberapa fitur, opsi maupun trik yang sebenarnya tersembunyi di sistem operasi terbaru Windows 10 ini, yang mungkin belum kamu ketahui. Yuk langsung simak bahasan berikut ini!

1.Terdapat Fitur Shutdown Rahasia 

Fitur Slide to Shutdown Rahasia di Windows 10 - Mr.ZetZet
Fitur Slide to Shutdown Rahasia di Windows 10 – Mr.ZetZet

Jika kamu bosan dengan cara mematikan laptop yang itu-itu saja, Windows 10 memberikan fitur yang agak sedikit berbeda. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa klik kanan pada desktop kemudian pilih new, lalu shortcut.

Pada jendela pop-up berikutnya, tempel baris kode berikut: %windir%System32 SlideToShutDown.exe. Jika fitur ini telah aktif, kamu hanya perlu menarik layar ke bawah lalu laptop kamu akan mati secara otomatis.

2. Fitur Show Desktop Tersembunyi 

Fitur Show Desktop Tersembunyi di Windows 10 -Mr.ZetZet
Fitur Show Desktop Tersembunyi di Windows 10 -Mr.ZetZet

Ketika kamu membuka banyak sekali program dan ingin kembali ke desktop, kebanyakan pengguna melakukannya dengan minimize satu per satu program yang terbuka. Padahal sama seperti di Windows 7, di Windows 10 juga ada tombol show desktop yang tersembunyi hingga tidak banyak diketahui orang.

Kamu bisa melihat pada bagian paling kanan dari taskbar di bawah, itulah tombol untuk Show Desktop. Klik untuk menyembunyikan seluruh program yang sedang dijalankan untuk menampilkan desktop, dan klik lagi untuk mengembalikannya.

3. Cara Cepat Screenshot 

Situasi pandemi yang membuat aktivitas kita jadi serba online termasuk kegiatan meeting, atau pertemuan yang beralih jadi video conference. Nah, biasanya kita perlu mengabadikan momen di pertemuan virtual itu dengan cara melakukan screenshot di perangkat laptop kita.

Di Windows 10 kamu bisa mengambil screenshot area tertentu hanya dengan menekan Windows + Shift + S. Screenshot yang diambil akan langsung tersimpan di clipboard dan bisa kamu paste melalui paint atau aplikasi lainnya.

4. Split Screen

Berikutnya, yang tak kalah beguna juga adalah fitur Split Screen. Fitur ini penting tetapi jarang dimanfaatkan oleh pengguna Windows 10. Jika kamu ingin membuka dua program/aplikasi secara berdampingan, kamu tinggal drag saja satu aplikasi yang dijalankan ke sebelah kiri, dan aplikasi lainnya ke sebelah kanan.

Setelah masuk mode split screen seperti ini, maka kamu bisa menggeser-geser untuk mengubah proporsi ukurannya sesuka hati.

5. Drag & Drop Virtual Desktop

Windows 10 dilengkapi dengan Virtual Desktop. Biasanya pengguna Windows akan membuat beberapa virtual desktop dengan menekan tanda +, kemudian membuka aplikasi di masing-masing Virtual Desktop tersebut.

Sebenarnya kamu bisa melakukannya dengan drag & drop. Jadi di desktop utama langsung saja buka semua aplikasi yang kamu inginkan agar tak ada yang ketinggalan. Setelah itu buka task view dan kamu tinggal drag & drop masing-masing window ke virtual desktop yang berbeda. Kamu bahkan bisa drag window ke tanda + untuk membuat Virtual Desktop baru.

Itulah beberapa fitur unik yang tersembunyi di Windows 10 — yang mungkin sebagian diantaranya ada yang belum kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! Apabila kamu ada masukan atau tambahan lain terkait fitur unik di Windows 10, langsung aja taro di kolom komen ya! Have a nice day!