Maintenance Tips

Mouse merupakan accesories penting bagi laptop dan PC. Mouse  digunakan untuk mengarahkan pointer atau mengakses sejumlah fitur dan aplikasi ketika sedang menggunakan komputer. Frekuensi pemakaian yang cukup sering membuat mouse mengalami kerusakan apalagi jika tidak dirawat sebaik mungkin. Biasanya masalah yang sering ditemukan dari perangkat mouse adalah sulit untuk digerakkan atau kurang responsif. Hal ini disebabkan adanya penumpukan kotoran yang menghambat bagian penting seperti sensor optik pada mouse wireless.

Mouse juga memerlukan perawatan terutama dalam menjaga kebersihan. Dihimbau untuk melakukan pembersihan berkala untuk mencegah terjadinya masalah pada mouse. Yuk simak tips dari Mr. ZetZet mengenai langkah-langkah dalam membersihkan perangkat mouse wireless dikutip dari Logitech dan CNET. :

  1. Pastikan mouse dalam kondisi mati dan tidak terhubung;
  2. Lepaskan baterai yang terpasang;
  3. Basahi kain microfiber dengan sedikit deterjen ringan atau siapkan tisu disinfektan (tisu basah);
  4. Usap perlahan perangkat mouse dengan alat pembersih yang telah disiapkan sebelumnya;
  5. Usap dari luar hingga kedalam bagian mouse secara hati-hati agar tidak meninggalkan uap air pada sela yang tertutup;
  6. Menggunakan cotton bud yang sedikit lembab untuk membersihkan kotoran di sekitar lensa atau sensor optik;
  7. Jangan menekan terlalu keras atau menggosoknya terlalu lama untuk menghindari kerusakan sensor optik;
  8. Gunakan kain kering untuk mengeringkan mouse yang telah dibersihkan;
  9. Perlu diingat bahwa kotoran atau partikel kecil kemungkinan masih tertinggal pada roll mouse;
  10. Posisikan mouse dalam keadaan terbalik, putar roll tersebut untuk mengeluarkan partikel atau kotoran yang ada didalamnya.

Dalam membersihkan perangkat keras ini lebih baik untuk tidak menggunakan alkohol yang dapat membuat warna pada mouse menjadi pudar. Selain itu hindari membongkar mouse dan pastikan juga alat pembersih yang digunakan tidak terlalu basah untuk mencegah terjadinya kersukan sirkuit karena air yang mengalir. Pastikan mouse sudah benar-benar dalam keadaan kering untuk mencegah kotoran dari tangan menempel pada perangkat tersebut.

Buat kalian yang ingin melakukan pembersihan bagi laptop kalian, kalian bisa membawa laptop  kalian ke Mr.ZetZet dan menggunakan layanan Zet Serivices. Kalian juga bisa menikmati promo selama bulan januari ini yaitu promo New Year Clearance (NYC), untuk informasi mengenai promo kalian bisa mengunjungi di https://promo.pemmz.com/. Kalian juga bisa melakukan booking services di WA: 085776938938!