Maintenance Tips

PlayStation 4 (PS4) merupakan salah satu konsol game yang masing sering digunakan sebagai hiburan bagi para penggunanya. PlayStation 4 bisa dikatakan jadi salah satu konsol game paling sensitif terhadap debu dan kotoran. Sangat riskan jika kebersihan PlayStation 4 tidak dijaga. Makin kotor PlayStation4 maka risiko PlayStation 4 menjadi panas dan rusak akan semakin besar. Mr.ZetZet akan membagikan tips cara membersihkan PlayStation 4 (PS4), yuk simak tipsnya :

1.Bersihkan bagian luar

Pertama, yang kamu harusl mencabut kabel listrik dari konsol sehingga tidak ada arus listrik yang melaluinya. Kemudian, kamu harus melepaskan kaitan pengontrol dari konsol. Pastikan tidak ada kabel yang terhubung dengan konsol maupun colokan listrik.

Kedua, taruh konsol di tempat yang bersih, sehingga konsol yang sudah kamu bersihkan tidak menjadi kotor gara-gara kamu meletakkannya di tempat yang berdebu.

Tahap berikutnya adalah bersihkan PS4 menggunakan penyemprot udara atau kompresor. Tentu akan sulit untuk membersihkan debu yang menempel di bagian yang sulit dijangkau, misalnya seperti pada celah di permukaan. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan kompresor sederhana (menggunakan kaleng semprot) agar debu yang berada di celah-celah sempit dapat teratasi.

Melap PlayStation4 dengan kain microfiber kering, agar tidak ada air yang masuk ke dalam komponen. Kamu juga harus memastikan semua sisi bersih tanpa meninggalkan debu.

2.Bersihkan Kipas dan Komponen dalam Konsol

Membersihkan kipas yang berada di bagian dalam PS4 adalah hal yang berisiko bagi kamu bukan mekanik atau ahli elektronik.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas kabel, sekrup, dan setengah bagian bawah konsol. Lepaskan colokan konsol dari sumber daya, serta kabel lain sehingga tidak menghalangi.  Temukan keempat sekrup di bagian belakang konsol. Setidaknya ada dua sekrup yang ditutupi dengan stiker garansi. Kemudian lepaskan semua sekrup dengan obeng T8 atau T9. Lalu, lepaskan bagian bawah konsol dengan sangat hati-hati.

Kamu bisa menggunakan kompresor sederhana untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada komponen atau celah sempit di kipas. Hal ini sangat berisiko merusak komponen PlayStation 4 meski kamu tak menyambungkannya dengan listrik. Oleh karena itu, biarkan udara mengeringkan secara alami selama 30 menit hingga satu jam. Kemudian kamu bisa memasangkan kembali semua sekrup dan penutup bagian luar.

3. Membersihkan kontroler

Tahap pertama yang harus dilakukan adalah melepas kabel USB yang tersambung dengan listrik. Membersihkan dengan menyemprot udara untuk menjangkau celah-celah kecil. Hal ini harus kamu perhatikan. Sebab, tombol di stik PlayStation 4 sangat riskan terkena debu karena  berbahan karet sehingga debu mudah menempel di dalamnya.

Setelah membersihkan celah-celah sempit, kamu bisa lanjut bersihkan bagian luar dengan kain kering. Karena risikonya tidak sebesar komponen konsol, kamu bisa gunakan kain yang sedikit basah untuk membersihkan noda atau debu yang sudah terlanjur mengendap. Jangan lupa juga untuk keringkan dengan lap kering jika kamu mengelapnya dengan lap basah.

Nah itu dia tips cara membersihkan PlayStation4 kalian. Kamu juga bisa melakukan pembersihan konsol game kalian dengan membawanya ke Mr.ZetZet. Kalian juga dapat menikmati promo New Year Clearance (NYC) selama bulan januari ini. Kalian bisa booking layanan dari Mr.ZetZet di WA : 085776938938