Maintenance Tips

Earphone merupakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi bahkan untuk mendengarkan musik, film, bermain game dll. Memiliki bentuk yang mungil dan praktis membuat perangkat ini tergolong populer, dan mudah dibawa kemana-mana. Eearphone memiliki bantalan headset yang tergolong nyaman di telinga.

Penggunaan earphone dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari, tetapi penggunaan earphone terlalu lama akan berdampak kurang baik. Lebih baik menggunakan tidak lebih dari 4 jam berturut-turut. Kenapa tidak boleh menggunakan earphone terlalu lama? Selain berbahaya bagi kesehatan telinga, earphone juga rentan terkena kuman. Dan, pemakaian earphone bisa menyebabkan banyak kotoran menempel di earphone yang jarang disadari oleh penggunanya. Untuk itu, sebaiknya Sobat ZetZet harus menyayangi dan merawat headset atau earphone kamu, sehingga perlu dilakukannya pembersihan pada earphone. Yuk simak cara membersihkan earphone:

1. Menggunakan Cairan Desinfektan

Earphone adalah barang elektronik yang rentan terkena bakteri. Jika earphone tidak dibersihkan, berpotensi membuat infeksi pada kuping. Apalagi jika earphone digunakan oleh lebih dari satu orang. Untuk itu, ada baiknya membersihkan earphone dari bakteri atau kotoran yang menempel. Bisa dibersihkan menggunakan cairan desinfektan, cairan berbahan kimia yang mencegah timbulnya infeksi. Cairan desinfektan ini dicampur dengan air hangat dengan kombinasi 30% cairan desinfektan dan 70% air hangat, sehingga tidak dibersihkan secara langsung menggunakan cairan desinfektan. Kemudian, gunakan kain microfiber pada air yang dicampur tadi dan lap pada earphone, baik pada bagian earbud maupun pada bagian kabel. Ketika mengelap, sebaiknya hati-hati dan jangan sampai ada air yang masuk ke lubang headset.

2. Membersihkan dengan Cotton Buds

Untuk pembersihan maksimal, lebih baik menggunakan cotton buds untuk menghilangkan kotoran yang menempel, terutama pada sela-sela lubang earphone. Pembersihan ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan tusuk gigi, agar lubang-lubang pada earphone bisa lebih bersih dan terbebas dari kotoran.

3. Membersihkan Bantalan Earphone

Bantalan earphone juga harus dibersihkan. Pasalnya, bantalan headset atau bantalan pada earphone rentan terkena keringat dan debu. Membersihkan bantalan ini bisa menggunakan lap basah dengan sedikit air sabun.

4. Membersihkan Kabel Earphone dengan Kayu Putih

Kabel earphone yang berwarna putih biasanya mudah kotor dan tampak menguning. Cara membersihkan kabel earphone yang menguning ini cukup mudah, Sobat ZetZet bisa menggunakan kayu putih untuk membersihkannya. Siapkan kapas yang sudah diberi minyak kayu putih. Setelah itu, gosok pada bagian kabel yang kotor. Kamu bisa melakukan hal ini sampai kabel tampak terlihat putih kembali.

5. Membersihkan Kabel Earphone dengan Baby Oil

Kabel earphone juga dapat dibersihkan dengan baby oil. Hal ini dapat menjadi alternatif pembersihan pada kabel earphone, selain menggunakan minyak kayu putih. Sobat ZetZet tinggal menyiapkan kapas yang sudah diberi baby oil, kemudian gosokan kapas tersebut pada kabel yang kotor.

6. Membersihkan dengan Pembersih Tangan

Hand sanitizer atau pembersih tangan di rumah, dapat digunakan untuk membersihkan kabel earphone yang menguning. Hand sanitizer tergolong ampuh untuk membersihkan kotoran yang menempel di kabel earphone dan membuatnya menjadi tampak lebih putih.

7. Membersihkan Kabel Earphone dengan Penghapus

Selain untuk menghapus tulisan pensil di kertas, penghapus pensil juga memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menghilangkan kotoran pada kabel earphone.

8. Membersihkan dengan Sikat Gigi

Sikat gigit sangat ampuh untuk membersihkan earphone.Sobat ZetZet bisa membersihkan lubang-lubang pada kepala earphone dengan menggunakan sikat gigit. Namun, untuk menyikat lubang-lubangnya, posisikan sikat gigi agak ke bawah. Saat membersihkan bagian ini, Sobat ZetZet sebaiknya menyediakan selembar kertas sebagai alas untuk menampung kotoran yang berjatuhan. Sikat gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan bagian kabel earphone. Kamu bisa menggunakan sedikit pasta gigi untuk dioleshkan ke bagian kabel agar kabel bisa tampak lebih bersih.

9. Membersihkan dengan Pemutih

Untuk earphone putih yang mulai menguning, kamu bisa membersihkan bagian menguning tersebut menggunakan pemutih. Kamu bisa menyemprotkan pemutih yang biasa digunakan untuk pakaian, kemudian sikat selama kurang lebih 180 detik. Setelah itu, keringkan earphone dengan cara menjemurnya. Ketika memberikan pemutih pada kabel earphone, sebaiknya tidak mengenai bagian kepala atau earbud. Dan tentunya tidak boleh mengenai bagian colokan earphone agar tidak terjadi korslet atau kerusakan.

10. Membersihkan dengan Penghilang Cat Kuku

Penghilang cat kuku ini bisa membuat kabel earphone tampak lebih bagus dan bebas dari kotoran. Cara menggunakannya adalah menggosokan penghilang cat kuku dengan menggunakan kapas. Gosok secara lembut untuk mendapatkan hasil yang baik. Menggunakan penghilang cat kuku tidak hanya untuk kabel earphone warna putih tapi juga bisa digunakan untuk kabel earphone warna lainnya.

Selain earphone, laptop, PC, dan game consule kalian juga perlu dibersihkan lho. Kalian bisa melakukan pembersihan untuk laptop, PC, dan game consule kalian dengan menggunakan layanan dari ZetZet. kalian bisa menghubungi Mr. ZetZet di 0857 7693 8938