Tips

Apakah ada Sobat ZetZet yang suka menulis? Bahkan suka melakukan story telling lewat cerita? Nah pas banget, Mr.ZetZet mau share aplikasi apa aja yang bisa menjadi media buat kalian meluapkan cerita-cerita. Apa saja aplikasinya? Yuk simak rekomendasi aplikasi berikut, tentu saja semua aplikasi ini dapat diunduh gratis di smartphone kalian

1. Steller
Aplikasi Menulis - Steller

Steller merupakan singkatan dari storyteller. Steller menyediakan semua elemen untuk bercerita, meliputi teks, foto, dan video. Tujuan diciptakan Steller adalah untuk berbagi cerita. Sobat ZetZet bisa menceritakan berbagai cerita dengan foto atau video di dalamnya. Cerita yang kamu unggah di Steller akan berbentuk seperti e-book. Satu judul cerita dengan beberapa lembar halaman di dalamnya. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa saling berbagi cerita yang dimiliki, dan membagikannya ke platform media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter. Kamu juga bisa mem-follow akun Steller teman kamu untuk terus mengikuti perkembangan cerita-cerita yang mereka buat.

2. Wattpad

Aplikasi Menulis - Wattpad

Wattpad adalah sebuah aplikasi menulis dan merupakan komunitas online baik untuk para penulis dan pembaca. Kamu bisa membuat akun secara gratis di Wattpad untuk mulai menulis atau sekedar membaca tulisan-tulisan di Wattpad, mulai dari cerita pendek, cerita bersambung, puisi, dan lain sebagainya.

 

3. JotterPad

Aplikasi Menulis - JotterPad

JotterPad sangat cocok digunakan untuk menulis novel, puisi, lirik lagu, hingga artikel. Format tulisan yang kamu buat di JotterPad bisa berupa .txt, pdf, markdown, dan docx. JotterPad juga memiliki antarmuka yang user-friendly dan kamus built-in yang meningkatkan produktivitas kamu.

4. Storial.co

Aplikasi Menulis - Storial

 

Storial.co adalah sebuah aplikasi menulis untuk kamu yang ingin mengunggah tulisan atau cerita kamu dalam format buku. Fitur pada Storial.co memungkinkan penggunanya bisa menuliskan ceritanya per bab. Terdapat juga fitur yang menghubungkan antara penulis dengan penulis lainnya, maupun dengan pembaca. Tujuan dari aplikasi ini adalah melahirkan penulis-penulis baru di Indonesia.

5. Medium

Aplikasi Menulis - Medium

 

Medium memiliki kelebihan dari segi tampilan yang simpel dan sederhana. Kamu pun tak perlu mengatur banyak plugin, HTLM, maupun CSS untuk menentukan desain tema dan template-nya. Bagi kamu yang senang membaca artikel opini, reportase mendalam, fotografi, dan artikel feature yang panjang, aplikasi ini cocok untukmu. Sobat ZetZet bisa memberikan apresiasi berupa clap atau tepuk tangan. Gestur ini memiliki makna mirip dengan Like di media sosial. Kamu pun bisa mendapatkan apresiasi yang sama dari pengguna Medium lain.

Itu dia 5 rekomendasi aplikasi buat Sobat ZetZet yang gemar menulis, jangan lupa buat kalian yang mau membersihkan laptop, game console kalian, kalian bisa datang ke Mr.ZetZet atau menghubungi Mr.ZetZet di WA : 085776938938