Tips

Banyak yang beranggapan bahwa mengechas smarphone semalaman dapat merusak baterai pada smartphone tersebut. Tahukah kalian hal tersebut ternyata tidak berlaku pada smarphone di jaman sekarang. Karena smartphone kini sudah dilengkapi dengan teknologi yang cukup canggih bernama built-in chipset. Built in chipset berfungsi untuk mencegah proses charging ketika baterai terisi 100 persen. Namun hal tersebut berlaku untuk smartphone yang memakai charger asli bawaan dari pabrik. Sobat ZetZet juga tidak perlu khawatir baterai pada smartphone kalian bocor, karena Mr.ZetZet akan membagikan tips untuk menjaga ketahanan baterai smartphone. Yuk simak tipsnya :

1. Menggunakan charger asli smartphone untuk mengisi daya baterai.

Masing-masing charger memiliki kinerja yang berbeda, terutama pada arus ampere-nya. Ada charger yang memiliki arus 2A dan ada juga yang 1A.

2. Jangan mengisi daya hingga 100 persen

Ideal-nya mengecas smartphone hanya sampai 80 persen saja. Mengisi daya smartphone sampai 100 persen berpotensi mengurangi umur baterai. Karena ketika daya baterai semakin mendekati kosong, baterai Li-ion menarik arus secara konstan dan beroperasi pada tegangan lebih rendah. Tegangan tersebut perlahan-lahan akan meningkat seiring pegisian daya yang sedang berlangsung, lalu menaikkan daya pada level 70 persen, hingga kapasitas penuh.

3. Jangan tunggu baterai habis ketika mengecas smartphone

Cara mengecas smartphone yang baik adalah ketika baterai berkisar antara 30-40%.

4. Jangan terlalu sering memakai power bank

Phone charging with energy bank.

Terlalu sering menggunakan power bank dapat mengakibatkan umur baterai smartphone kamu berkurang, bahkan sampai bisa membuat baterai drop.

5. Jaga suhu smartphone.

Menjaga smartphone dalam suhu 25-30 derajat celsius akan menjaga kapasitas baterai diangka 80 persen. Sedangkan jika berada pada suhu 40 derajat celsius kapasitas baterai diangka 65 persen.

 

Nah itu dia tips menjaga ketahanan baterai smartphone kalian. Untuk Sobat ZetZet yang ingin mengoptimalkan gadget kalian, kalian bisa membawa gadget kalian ke Mr.ZetZet terdekat atau hubungi kami di WA : 085776938938 (Jakarta Barat), 081717173669 (Jakarta Selatan)