Tips

Google sheet menjadi alternatif bagi Sobat ZetZet yang tidak memiliki Microsoft Excel atau ingin berbagi file menggunakan fitur online. Terdapat beberapa cara untuk menggunakan Spreadsheet pada Google Drive. Yuk simak caranya:

1. Membuat Google Sheet baru

 

Mulai dengan membuat halaman baru yang disebut dengan ‘Spreadsheet’. Cara membuat Spreadsheet :

  •  Buka drive.google.com dari halaman browser.
  •  Pastikan sudah login menggunakan akun Google.
  • Klik New.
  • Pilih Google Sheets.

Setelah itu Sobat ZetZet akan diarahkan ke halaman Excel online. Sehingga Sobat ZetZet bisa menggunakan Excel untuk menghitung.

2. Menyimpan dokumen di Google Drive

Dokumen yang sudah  dibuat akan tersimpan secara otomatis dalam Google Sheet.

3. Mencari dokumen Excel yang tersimpan pada Drive

 

Saat membuka Google Drive, semua dokumen yang dibagikan akan muncul pada halaman yang sama. Untuk mempermudah pencarian, Sobat ZetZet bisa melakukan pencarian dokumen Spreadsheet melalui file picker pada Google Drive.

 

Selain menggunakan file picker, Sobat ZetZet juga bisa mengetikkan dokumen Spreadsheet yang dicari melalui kotak pencarian di bagian atas halaman. Dokumen dalam bentuk Spreadsheet akan muncul dengan ikon berwarna hijau.

4. Mengunduh aplikasi untuk editing antarperangkat

cara menggunakan excel di google drive-4

Agar bisa melakukan editing dokumen dengan lebih mudah, unduh aplikasi Google Sheets pada smartphone kalian.

5. Berbagi dokumen dengan sesama pengguna Google

 

Tidak sempat kerja kelompok atau mengerjakan deadline proyek di kantor dengan rekan kerja? Kamu bisa memanfaatkan Spreadsheets dengan fitur berbagi dokumen. Sobat ZetZet hanya perlu share link untuk berbagi dokumen menggunakan Spreadsheets.

Nah itu dia cara menggunakan Spreadsheets. Untuk Sobat ZetZet yang ingin mengoptimalisasi gadget kalian, jangan lupa untuk membawa gadget kalian ke Mr.ZetZet terdekat, atau hubungi kami di WA : 085776938938 (Jakarta Barat), 081717173669 (Jakarta Selatan).