Tips

 

Aktivitas saat ini tidak bisa terlepas dari gadget, khususnya smartphone, terlebih karena di masa pandemi ini semuanya serba online dan terhubung melalui jaringan internet. Tapi, semua aktivitas itu akan terganggu apabila sinyal ponsel tiba-tiba melemah. Untuk mengantisipasinya, lakukan hal berikut untuk memperkuat sinyal smartphone kalian.

Restart Ponsel

Cara pertama agar sinyal di smartphone kamu bisa kembali normal adalah dengan melakukan restart atau reboot. Sederhananya, saat ponsel dimatikan lalu kembali dinyalakan, smartphone akan mendapatkan kembali sinyalnya, bahkan bisa lebih baik. Tapi, kalau proses restart memakan waktu yang lama, kamu bisa memanfaatkan fitur airplane mode. Nyalakan mode pesawat selama beberapa saat kemudian matikan kembali.

Mengisi Baterai

Alasan yang membuat sinyal melemah bisa juga dikarenakan baterai smartphone terlalu sedikit. Pastinya ponsel juga membutuhkan tenaga yang besar untuk terus menerus mendeteksi cell tower, sehingga kebutuhan baterai sangat penting. Selain itu, sebagian smartphone ada yang mengurangi kekuatan jaringannya secara otomatis untuk menghemat baterainya. Karena itulah, saat baterai ponselmu sudah hampir habis, segera isi dayanya. Tidak didukung fitur Fast Charging? Kamu bisa mempercepat pengisiannya dengan mengaktifkan Airplane Mode.

Turunkan Kaca Saat Berada dalam Mobil

Hilangnya sinyal pada smartphone tidak jarang terjadi saat dalam perjalanan menggunakan mobil. Ada beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebabnya, entah karena tidak ada cell tower terdekat atau karena kaca mobil. Masih sedikit orang yang menyadari kalau kaca mobil bisa menjadi penyebab melemahnya sinyal smartphone. Karena itu, menurunkan kaca mobil bisa menjadi salah satu cara memperkuat sinyal smartphone saat di perjalanan memakai mobil.

Cari Lokasi Terbaik

Saat berada di rumah, di restoran, terlebih di mall sering kali sinyal smartphone juga terganggu. Mungkin karena kamu tidak berada di lokasi terbaik untuk mendapatkan jaringan. Ada baiknya kamu mencari lokasi tertentu yang memiliki sinyal yang bagus. Misalkan kalau di kamar sinyalnya menjadi lemah, kamu bisa berpindah tempat ke ruang tamu yang sinyalnya justru lebih bagus.

Semoga tips ini membantu kalian!