Maintenance Tips

Bagi beberapa orang pengaturan audio komputer tidaklah begitu diperhatikan. Namun bagi beberapa pengguna, pengaturan audio sangatlah penting untuk memaksimalkan kenyamanan dalam menggunakan komputer, baik untuk mendengarkan lagu, menonton film hingga bermain game. Sehingga penting untuk memahami dan memiliki kontrol penuh terhadap audio dalam komputer. Berikut beberapa pengaturan yang sering dilewatkan oleh pengguna ketika menggunakan audio komputer.

Cara mengontrol volume dari masing-masing aplikasi

Untuk menambah atau mengurangi volume dari audio komputer secara keseluruhan, cukup menekan tombol volume di keyboard atau klik pada gambar speaker di taskbar. Namun bagaimana jika ingin mengatur volume di aplikasi tertentu saja? Hal ini dapat dilakukan dengan klik kanan pada speaker dan pilih Sound Mixer dimana terdapat kontrol volume suara untuk masing-masing aplikasi yang sedang digunakan.

Cara mengganti device audio yang digunakan

Hal umum yang sering terjadi adalah penggunaan lebih dari satu device audio terkadang membuat salah satu device tidak bisa mengeluarkan suara lagi secara tiba-tiba. Ketika headphone disambungkan ke komputer, maka akan secara otomatis audio akan beralih keluar melalui headphone. Namun ketika headphone dilepas, suara tidak kembali ke speaker yang digunakan semula secara otomatis. Hal ini karena pengguna harus mengganti pengaturan audio secara manual.

Pergantian dariĀ  penggunaan device audio dapat dilakukan dengan klik pada icon speaker di taskbar dan memilih device audio yang ingin digunakan dalam kolom Select playback device.

Cara update audio driver

Jika terdapat error dalam audio driver yang digunakan, hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mengecek apakah driver yang digunakan merupakan versi terbaru. Berikut langkah yang dapat dilakukan

  1. Tekan Windows Key + X dan pilih Device Manager
  2. Klik dua kali pada Audio inputs and outputs
  3. Pilih driver yang bermasalah, lalu klik kanan dan pilih Update driver
  4. Klik pada Search automatically for updated driver software dan ikuti petunjuk yang muncul

Jika langkah-langkah diatas tidak berfungsi dengan baik, maka cobalah untuk Uninstall device yang digunakan lalu restart komputer. Ketika sistem dimulai kembali, komputer akan menginstall ulang driver yang hilang tersebut.

Cara mengatur suara yang dihasilkan device

Windows 10 memiliki pengaturan dalam meningkatkan atau menyesuaikan suara yang dihasilkan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna. Untuk membuka pengaturan ini, ikuti langkah berikut.

  1. Klik kanan pada icon speaker di taskbar dan pilih Sounds
  2. Pilih tab Playback
  3. Klik kanan pada device yang ingin diatur
  4. Pilih tab Enhancements
  5. Lalu pilih pengaturan yang ingin digunakan seperti Virtual Surround atau Loudness Equalization
  6. Jika sudah selesai klik Ok