Maintenance Tips

Baterai laptop adalah salah satu bagian laptop yang paling penting namun pada saat yang sama juga sulit untuk diperhatikan kondisinya, baik dari segi tampilan maupun informasi pada setting dalam Windows.

Oleh karena itu pengguna laptop umumnya menggunakan aplikasi khusus untuk mengecek kondisi baterai laptop. Namun sebenarnya, selain informasi yang ditampilkan mengenai persentase baterai, terdapat juga command yang dapat digunakan untuk memonitor kondisi baterai.

 

Powercfg Battery Report

Powercfg merupakan command dalam Windows yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan informasi detail mengenai kondisi baterai laptop yang sedang digunakan. Informasi yang diberikan termasuk juga performa baterai dan juga kondisi kapasitas baterai yang pada umumnya menurun seiring pemakaian.

Untuk mendapatkan informasi ini, tekan Windows Key + X dan pilih Command Prompt dan ketik powercfg /batteryreport. Lalu command ini akan memberikan laporan mengenai kondisi baterai laptop dalam bentuk format HTML didalam folder  C:\Users\Your_Username\battery-report.html.

Dalam report tersebut kamu dapat mengecek:

  1. Perbedaan kapasitas dalam Design Capacity dan Full Charge Capacity. Pada umumnya, kapasitas baterai akan berkurang seiring pemakaian sehingga full charge capacity akan selalu lebih rendah dibandingkan design capacity
  2. Grafik penggunaan baterai
  3. Perbandingan battery life ketika laptop baru dibeli dan perbedaan yang terjadi dalam Full Charge Capacity dibandingkan Design Capacity
  4. Durasi dan penggunaan baterai termasuk ketika laptop tidak sedang dicas maupun saat dicas

Dengan command ini kamu bisa memprediksi Kesehatan dan mencegah baterai laptop yang rusak. Pastikan juga kamu melakukan pemeriksaan rutin ke Zetzet.