Cleaning Laptop Maintenance

Bloatware adalah kumpulan aplikasi bawaan dari PC, HP, maupun tablet yang dipasang oleh perusahaan brand dengan tujuan membantu pengguna dalam mendapatkan berbagai bentuk informasi dan bantuan lainnya. Namun dalam kebanyakan kasus, aplikasi tersebut justru tidak begitu krusial bagi pengguna dan tidak digunakan sama sekali hingga hanya menjadi beban tambahan bagi PC karena memakan bagian kapasitas laptop.

Bloatware tidak muncul di bagian System > Apps & Features dimana berbagai aplikasi pada umumnya muncul dan dapat di uninstall dengan mudah. Hal ini karena Windows 10 tidak ingin pengguna menghapus Bloatware dari PC dengan mudah.

Ada beberapa cara untuk menghapus Bloatware dari PC, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Uninstall secara langsung

Umumnya Bloatware gampang untuk dihapus hanya dengan melakukan proses uninstall pada aplikasinya. Aplikasi yang gampang di-uninstall secara langsung yaitu Money, News, Sports, dan beberapa lainnya yang muncul dibagian menu Start. Cukup dengan klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih Uninstall.

Namun terdapat juga beberapa aplikasi lainnya yang memerlukan command PowerShell atau aplikasi tambahan untuk menghapus aplikasi tersebut.

Cara menggunakan PowerShell untuk menghapus Bloatware

Meskipun PowerShell juga dijalankan menggunakan command seperti Command Prompt, kedua software ini memiliki fungsi berbeda. PowerShell memiliki kumpulan command dan script yang mengontrol instalasi Windows secara keseluruhan. PowerShell dapat digunakan untuk memberikan perintah dalam menyembunyikan atau menghapus Bloatware.

PowerShell dapat dicari melalui search bar dengan mengetik Windows PowerShell. Jalankan software sebagai Administrator untuk melakukan perubahan dalam Windows.

Menghapus dengan script Windows10Debloater

Windows10Debloater merupakan script yang dibuat oleh Sycnex dimana script ini berfungsi untuk menghapus hampir seluruh aplikasi tambahan yang diberikan oleh Windows 10. Kamu dapat mendownload Windows10Debloater melalui Github.

Terdapat dua versi dari script tersebut:

  1. Windows10Debloater dimana script ini menghapus seluruh aplikasi secara langsung
  2. Windows10DebloaterGUI dimana script ini memiliki GUI yang memiliki pilihan lebih banyak dalam menghapus dan mengontrol aplikasi, termasuk pilihan Revert Changes

PIlih salah satu dari kedua versi tersebut dan jalankan menggunakan PowerShell.