Tips

Dalam sebuah PC, terdapat berbagai hardware dan software yang bekerja bersamaan untuk menjalankan seluruh sistem. Meskipun keduanya berjalan bersamaan, beberapa hardware rentan terhadap kerusakan terutama yang bersifat cepat panas seperti CPU dan GPU, dan juga hardware yang memiliki komponen bergerak seperti kipas.

Oleh karena itu, Windows dilengkapi dengan berbagai software yang mendukung jalannya hardware dan juga software yang memantau kesehatan hardware yang digunakan. Cara terbaik untuk mengatasi rusaknya komponen yaitu dengan mendeteksi lebih awal kemungkinan kerusakan yang terjadi. Kamu bisa memonitor kondisi komponen hardware yang kamu gunakan melalui aplikasi yang disediakan oleh Windows.

Performance Monitor

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi untuk melakukan monitor terhadap performa PC. Performance Monitor merupakan aplikasi yang memeriksa dan mendiagnosa masalah hardware dan sistem secara menyeluruh.

Untuk membuka software ini, buka melalui Start menu, ketik Performance Monitor, dan klik untuk membuka. Tunggu sebentar hingga jendela aplikasi terbuka, proses ini perlu ditunggu karena aplikasi bekerja dengan mengumpulkan data keseluruhan PC untuk bekerja.

Kamu bisa mendapatkan gambaran singkat mengenai sistem hardware yang digunakan melalui panel sebelah kiri untuk membuka Reports > System > System Diagnostics > (Nama Komputer). Jendela yang terbuka akan menyediakan informasi mengenai berbagai hardware, software, CPU, jaringan, disk, dan memori yang dilengkapi juga dengan data statistiknya.

Jika kamu ingin memiliki kontrol dan pengawasan penuh terhadap performa PCmu, kamu dapat memeriksa grafik performa live melalui Monitoring Tools > Performance Monitor dan pengumpulan data yang dapat dikustomisasi dalam Data Collector Sets.

Windows Memory Diagnostic

Aplikasi ini berjalan khusus untuk memonitor jalan kerja RAM. Ketika RAMmu memiliki masalah, PC akan memberikan berbagai peringatan seperti performa yang menurun, crash yang sering terjadi, video card yang gagal untuk berjalan ketika memulai PC, data file yang corrupted, dan informasi RAM yang tidak benar dalam aplikasi Windows System.

Solusi dari masalah RAM tersebut adalah dengan melakukan tes memori terhadap RAM melalui aplikasi Memory Diagnostic. Untuk membuka aplikasi tersebut, tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela Run dan ketik mdsched.exe lalu tekan Enter. Setekah itu Windows akan mengingatkanmu untuk melakukan restart.

Test ini memakan waktu beberapa menit untuk selesai dan setelahnya Windows akan melakukan restart sekali lagi. Setelah PC sudah menyala kembali, akan muncul jendela yang menampilkan hasil dari test tersebut secara otomatis.