Maintenance

Berapa lama motherboard dapat bertahan? Perlu gak sih upgrade motherboard? Meskipun motherboard tidak memiliki bagian yang bergerak secara berkala, motherboard memiliki berbagai bagian yang kompleks dan rentan rusak. Karena motherboard merupakan bagian yang sangat penting disuatu komputer, jika terjadi sedikit kesalahan didalamnya maka akan mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan.

Sangat sulit untuk memperkirakan berapa lama motherboard dapat bertahan karena hal tersebut sangat bergantung kepada penggunaan dan lingkungan dimana PC digunakan. Alasan utama kenapa motherboard dapat rusak yaitu karena penggunaan yang terus menerus sehingga kondisi motherboard memburuk seiring berjalannya waktu. Salah satu yang rentan untuk rusak adalah kapasitor yang bisa saja bocor dan merusak komponen lainnya yang terhubung.

Namun umumnya motherboard dapat berfungsi dengan cukup lama hingga 20 tahun. Tetapi tentu saja akan ada bagian yang mulai usang dan tentunya perlu diupgrade dengan uang terbaru. Agar dapat bertahan lama, motherboard perlu dirawat dan dibersihkan, lingkungan PC digunakan juga tidak boleh basah. Agar tidak ada komponen yang cepat rusak, pastikan juga untuk tidak terlalu sering untuk mengeluarkan motherboard dari PC.

Meskipun motherboard dapat bertahan cukup lama, namun kamu juga perlu mempertimbangkan untuk melakukan upgrade. Hal ini disebabkan karena setiap kali kamu melakukan upgrade terhadap komponen perangkat dalam PCmu, kamu perlu mengganti motherboard yang dapat mendukung aktivitas komponen baru tersebut. Jika prosesor yang kamu gunakan sudah lebih dari 3 tahun, maka dianjurkan untuk mengganti dengan prosesor  yang lebih baru. Dengan melakukan upgrade ke yang lebih baru, kecepatan kerja komputer akan berubah secara signifikan.

Kerusakan umum yang dialami oleh motherboard adalah pin yang patah, kabel yang putus, munculnya listrik statis, dan lain-lain. Jika kamu tidak yakin dengan kemampuanmu untuk memperbaiki bagian yang rusak, maka bawalah PCmu ke professional.

Zetzet menyediakan berbagai jasa untuk kamu melakukan perawatan terhadap PC agar komponen dalam tidak cepat rusak. Jika masalah yang kamu hadapi adalah rusaknya komponen dalam PC, kamu bisa menghubungi PemmzTechie untuk mendapatkan perbaikan oleh professional.