Tips

Touchpad dibuat untuk membantu pengguna dalam melakukan navigasi dalam laptop. Touchpad yang ideal adalah touchpad yang sensitif dan memberikan navigasi yang mulus saat penggunaan. Namun terkadang touchpad yang terlalu sensitif akan menggerakkan kursor bahkan melakukan klik secara random saat mengetik di keyboard. Atau bahkan terdapat kemungkinan bahwa touchpad mengalami kerusakan sehingga kursor bekerja sendirinya tanpa adanya input.

Hal tersebut sangat mengganggu saat melakukan aktivitas didalam laptop. Pilihan terbaik adalah dengan mematikan touchpad dari laptop. Terdapat beberapa pilihan cara untuk mematikan touchpad laptop.

Mematikan touchpad melalui setting Windows

Untuk mematikan touchpad melalui Windows, dapat dilakukan melalui bagian Settings.

  1. Klik kanan pada Windows Start dan buka Settings
  2. Buka bagian Devices dan dibagian kiri jendela yang muncul, cari Touchpad
  3. Pilih untuk matikan touchpad melalui toggle

Jika kamu hanya melihat pilihan untuk mengatur tingkat sensitivitas touchpad, berarti touchpad di laptop yang kamu gunakan tidak bisa dimatikan.

Mematikan touchpad melalui Control Panel

Ketika Setting Windows tidak dapat mematikan touchpad, Control Panel merupakan salah satu pilihan alternatif untuk mematikan touchpad.

Buka jendela Control Panel dengan mengetik namanya dalam search bar. Lalu didalam search bar Control Panel yang terbuka, ketik Mouse, klik kanan pada hasil yang muncul dan buka Mouse Properties. Buka bagian tab Hardware dan klik nama dari touchpad yang digunakan, lalu buka dibagian Driver dan pilih untuk melakukan Disable Driver.

Jika kamu menggunakan Windows versi yang lebih lama, buka tab yang menampilkan nama mousepad yang digunakan dan dalam tab tersebut akan muncul daftar nama device apa saja yang digunakan. Klik dibagian device yang menampilkan nama mousepad, dan pilih untuk melakukan Stop Device.

Mematikan touchpad melalui Device Manager

Cara lain untuk mematikan touchpad secara total yaitu dengan mematikan Driver yang digunakan.

  1. Klik kanan pada icon Start dan pilih Device Manager
  2. Buka kategori Mice and other pointing devices
  3. Klik kanan pada driver untuk mousepad yang digunakan dan pilih untuk melakukan Disable Device