Tips

Matinya touchpad secara tiba-tiba bisa membuat panik karena touchpad merupakan cara utama untuk melakukan navigasi didalam laptop. Terdapat beberapa penyebab kenapa touchpad laptop tidak bekerja, namun sebelum mengikuti langkah-langkah berikut, pastikan dulu kalau laptopmu tidak sedang freeze. Untuk mengecek apakah masalah muncul dari touchpad yang tidak bekerja atau laptop yang sedang freeze, cek dengan coba memasukkan input melalui keyboard. Jika keyboard juga tidak bekerja, kemungkinan besar laptopmu sedang freeze, bisa jadi karena performa yang terlalu berat, overeheat, atau kemungkinan lainnya yang dapat mengganggu sistem operasi berjalan. Namun jika keyboard masih bisa berjalan, berarti masalah berada didalam touchpad laptopmu.

Cek menggunakan tombol Touchpad di Keyboard

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan pengguna saat mengetik yaitu dengan tidak sengaja mematikan fungsi touchpad melalui tombol keyboard. Touchpad dapat dimatikan dan dinyalakan dengan melakukan input perintah melalui tombol Fn dan tombol fungsi F1 hingga F12 bergantung kepada jenis laptop yang digunakan. Untuk menemukan tombol yang berfungsi untuk touchpad, cari tombol yang memiliki gambar menyerupai touchpad, terkadang juga dilengkapi dengan tanda X disampingnya.

Matikan mouse eksternal

Jika kamu menggunakan mouse eksternal untuk menggunakan laptop, cobalah untuk mematikan mouse terlebih dahulu untuk mengetes touchpad. Terkadang dalama pengaturan laptop, touchpad akan mati secara otomatis jika laptop mendeteksi ada mouse yang tersambung. Kamu bisa mencoba untuk mematikan laptop terlebih dahulu, lalu cabut semua perangkat eksternal yang tidak digunakan, lalu jalankan laptop kembali.

Cek pengaturan mouse dalam Windows

Untuk membuka pengaturan mouse, ikuti langkah Settings > Devices > Touchpad. Dalam jendela tersebut, pastikan touchpad slider dinyalakan. Terdapat juga informasi jika Leave touchpad on when a mouse is connected sedang aktif. Kamu bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan penggunaan laptop.

Selain dibagian Settings, pengaturan mouse juga terdapat dalam Control Panel. Ketik Control Panel dalam search bar, dan dalam jendela yang muncul, di bagian kanan atas terdapat search bar khusus Control Panel, ketik Mouse dan klik kanan pada hasil pertama yang muncul. Dalam Mouse Properties yang muncul, kamu bisa membuka berbagai tab yang tersedia dan mengecek jika terdapat keanehan atau kesalahan dalam pengaturannya.

Cek driver dalam Device Manager

Buka Device Manager dengan menekan tombol Windows + X atau klik kanan pada tombol Start. Dalam jendela yang muncul, buka bagian Mice and other pointing devices dan pilih driver dari touchpad yang kamu gunakan. Klik kanan pada touchpad dan pilih untuk matikan Disable device, lalu nyalakan lagi dengaan Enable device. Lalu selanjutnya pilih Update driver untuk memastikan bahwa driver yang kamu gunakan merupakan versi terbaru untuk touchpad tersebut.

Jika seluruh solusi diatas tidak menghasilkan apa-apa, kemungkinan masalah terdapat dalam perangkat touchpadnya secara langsung. Masalah yang bisa saja terbagi yaitu pada kabel, atau touchpad itu sendiri. Pastikan kamu melakukan pengecekan rutin terhadap komponen laptopmu dengan Mr. Zetzet. Atau jika kamuy akin permasalahan terletak pada rusaknya touchpad atau komponen dalam laptop, kamu bisa bawa laptopmu untuk diperbaiki oleh Pemmztechie.