Tips

Mouse yang secara random melakukan double-click bahkan ketika pengguna melakukan input sekali klik, akan sangat mengganggu kegiatan dalam PC. Mulai dari dragging dan klik file secara acak hingga akurasi klik yang terganggu.

Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki masalah double-click.

Cek setting double-click

Kesalahan umum yang menyebabkan mouse melakukan double-click secara acak yaitu karena setting double-click yang tidak sengaja teraktifkan. Ikuti langkah berikut untuk mengecek setting tersebut.

  1. Buka jendela File Explorer
  2. Pada bagian tab View, klik Options
  3. Dalam jendela yang muncul, buka bagian General
  4. Cek bagian Click items as follows
  5. Cek apakah Double click to open an item (single-click to select) sudah terpasang dengan baik

Bersihkan mouse yang digunakan

Selain masalah dalam Windows, terdapat juga kemungkinan permasalahan berasal dari perangkatnya langsung. Perlu diperhatikan kebersihan dan kondisi dari mouse, terutama tombol dibagian atas dimana klik selalu dilakukan. Jika ada kotoran yang menumpuk, kamu bisa membersihkan dengan cotton swab, compressed air, atau sikat biasa.

Cek kapasitar baterai Mouse dan apakah ada gangguan

Permasalahan double-click yang sering ditemui di mouse wireless kebanyakan karena kapasitas baterainya yang sudah menurun atau karena ada gangguan sinyal wireless. Jika mouse yang kamu gunakan menggunakan baterai, maka coba untuk mengganti baterai tersebut, dan sama halnya dengan mouse yang perlu diisi ulang, cobalah untuk mengecas terlebih dahulu. Daya yang rendah dapat menyebabkan berbagai error dalam mouse untuk bekerja.

Jika ternyata daya baterai bukan merupakan masalah yang menyebabkan double-click, masalah ini mungkin muncul karena koneksi yang terhalang atau tidak stabil sehingga komunikasi antara mouse dan PC tidak berjalan dengan baik. Cobalah untuk menggunakan mouse lebih dekat ke PC dan jangan terlalu jauh. Pastikan juga tidak ada besi atau barang lainnya yang dapat menghalangi sinyal wireless.

Install ulang Driver Mouse

Sebagai solusi troubleshoot terakhir, coba untuk melakukan install ulang driver mouse yang dipakai. Tekan tombol Windows + X untuk membuka Device Manager.

Buka bagian Mice and other pointing devices dan klik kanan pada mouse yang digunakan lalu pilih Uninstall device. Setelah selesai, restart PC dan Windows akan menginstall kembali driver tersebut.