Tips

Saat ini keyboard yang sedang menjadi trend adalah mini keyboard atau keyboard TKL. Dimana keyboard cenderung berukuran lebih kecil, compact, ringan, dan portabel karena keyboard tersebut memiliki tombol-tombol yang lebih sedikit dibandingkan keyboard biasa. Keyboard seperti ini digemari banyak orang karena ukurannya yang kecil dan tidak makan banyak tempat.

Namun bagaimana jika ternyata kita sedang membutuhkan Numpad? Selain dengan solusi membeli keyboard Numpad tambahan, terdapat beberapa solusi lainnya. Berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan.

On-Screen Keyboard Windows 10

Windows 10 memiliki keyboard yang dapat ditampilkan dan digunakan dilayar. Meskipun input yang dilakukan tidak bisa secepat menggunakan keyboard numpad asli, setidaknya keyboard dari Windows ini dapat membantu ketika tidak ada keyboard aslinya.

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan on-screen keyboard. Cara tercepat yaitu dengan melakukan input perintah dari keyboard dengan menekan tombol Windows + Ctrl + O.

Cara lain untuk menyalakan keyboard numpad adalah dengan melalui setting Windows dengan langkah berikut:

  1. Tekan tombol Windows + I untuk membuka Settings.
  2. Pilih Ease of Access
  3. Pada sisi kiri, buka bagian Keyboard
  4. Lalu dibawah Use the On-Screen Keyboard, nyalakan slidernya menjadi On

Ketika keyboard On-Screen sudah muncul, Numpad tidak secara langsung ada dalam keyboard tersebut. Klik pada bagian Options yang ada di kanan bawah, lalu nyalakan Turn on numeric key pad, klik OK pada jendela yang muncul. Setelah numpad muncul, kamu dapat menggunakannya dengan mengklik numpad tersebut.

Numeric Keypad Emulator

Selain menggunakan number pad dari Windows, kamu bisa menggunakan numpad emulator. Umumnya Numpad Emulator memberikan berbagai tawaran dan kebebasan untuk melakukan kustomisasi dalam tombol yang digunakan dan cara penggunaannya. Jika kamu merasa tidak butuh untuk melakukan kustomisasi dalam penggunaannya, kamu bisa langsung menggunakan virtual numpad.