Laptop&PC

Keberadaan kipas pada komputer atau laptop adalah untuk menjaga suhu pada CPU dan GPU. Menjaga suhu CPU dan GPU untuk tetap sejuk dan melindungi dari panas yang berlebihan. Kipas pendinginan internal ini menarik udara dari ventilasi udara yang terletak dibagian bawah mesin dan mengeluarkan udara panas keluar dari kedua sisi.

Kipas yang tidak menyala, memiliki beberapa sebab kenapa kipas tersebut tidak menyala. Yuk simak selengkapnya kenapa kipas tidak menyala.

Apa penyebab kipas CPU error?

Kipas CPU error terjadi karena kerusakan fisik pada kipas. Setingan yang tidak benar, atau faktor eksternal yang membuat computer panas dan memaksa kipas bekerja pada kecepatan tidak biasa. Debu atau objek yang merusak kipas CPU error.

Bagaimana cara memperbaiki kipas CPU yang error?

Kipas CPU yang error bisa terjadi karena masalah perangkat keras dan perangkat lunak. Maka perbaikan untuk kipas yang error adalah dengan cek berkala settingan, dan kipas CPU dalam.

Ikuti beberapa tips dibawah ini untuk mengurangi atau menghindari CPU panas dan error:

  1. Pindahkan komputer

Pindahkan komputer ke tempat yang tidak terkena matahari atau panas langsung. Jika komputer terkena sinar matahari atau panas langsung, komputer bisa overheated dan mati. Letakan komputer ditempat yang sejuk atau pastikan tidak ditempatkan di area yang terkena panas matahari langsung.

  1. Hentikan overclocking

Konsekuensi dari overclocking adalah peningkatan di sistem panas yang dapat membuat kesalahan. Hal ini bisa berdampak sering shutdowns dan overheating errors.

  1. Bersihkan ventilasi udara

Cara paling gampang membersihkan ventilasi adalah melepas sikat dari penyedot debu dan gunakan untuk menyedot debu dan kotoran.

  1. Bersihkan kipas CPU

Kamu perlu mematikan komputer terlebih dahulu, cabut dari sumber listrik, dan buka casing CPU. Setelah CPU dibuka, kamu bisa membersihkan interior.

  1. Cek kipas CPU

Ketika komputer sudah terbuka, periksa fisik kipas perangkat kamu untuk memastikan kipas tidak terlepas dari tempatnya. Pastikan juga komputer tidak menyolok ke aliran listrik ya.

Kalau cara di atas sudah dilakukan dan kipas CPU kamu tetap error bawa aja ke ZetZet. Tanya kan pada teknisi kami! Kami senang membantu Sobat ZetZet.