Cleaning Laptop Laptop&PC
Port merupakan komponen yang sangat penting disebuah perangkat. Port – port yang ada dapat menghubungkan dengan perangkat peripheral atau perangkat eksternal lainnya.  Jumlah dan fungsi port pada sebuah laptop berbeda – beda. Namun, port yang paling umum adalah port USB. Sama seperti perangkat pada laptop lainnya, port USB juga dapat mengalami kerusakan.

Lalu, bagaimana jika port kamu mengalami kerusakan?

  1. Periksa Port
Langkah pertama, Sobat ZetZet bisa periksa port yang ada di laptop. Kamu bisa mencoba sambungkan dongle USB mouse wireless ke port USB laptop. Apabila kursor di laptop tidak dapat digerakan melalui mouse, maka ada indikasi port error.
  1. Bersihkan Debu dan Kotoran
Ada kemungkinan masalah yang terjadi karena, port yang kotor. Bersihkan port sebaik mungkin dengan menggunakan sedotan. Kamu bisa arahkan sedotan ke port yang bermasalah. Kemudian tiup ke port yang bermasalah.
  1. Restart Laptop
Biasanya port USB bisa mengalami difungsi atau error yang dikarenakan software yang kurang berjalan dengan baik. Sehingga, hardware pun tidak ter deteksi dengan baik oleh laptop. Oleh karena itu, solusinya bisa dilakukan dengan me-restart laptop. Maka kalau port kamu error, kamu bisa merestart laptop. Hal ini dilakukan untuk scanning hardware dan software. 
  1. Gunakan Jasa ZetZet
Selain cara yang telah dijelaskan diatas. Kamu bisa menggunakan jasa ZetZet untuk membersihkan port. Tidak hanya port USB saja, tapi juga port – port lainnya. Tenang aja, ZetZet bisa membersihkan berbagai merek laptop dan PC.
So, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk port USB yang error. Buat Sobat ZetZet yang ingin memaksimalkan atau membersihkan laptop nya, kamu bisa datang ke Mr.ZetZet atau menghubungi kami di WA: 085776938938 (Jakarta Barat), 081717173669 (Jakarta Selatan), dan 081228522080.