Fun Fact Gadgets Laptop&PC Maintenance Technologies Tips

Sobat ZetZet pernah mengalami program yang tiba – tiba berhenti pas lagi berkerja? Hal tersebut sering kali terjadi dan juga tidak jarang membuat data yang sedang dikerjakan hilang karena belum disimpan. Alasan terjadinya hal tersebut adalah adanya masalah antara program dan perangkat keras, kurangnya sumber daya sistem yang dimiliki, atau bug yang terjadi pada perangkat lunak sehingga mengakibatkan data atau program tidak merespons.

Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

Menghentikan Program Yang Sedang Berjalan

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menghentikan program dengan cara menekan Ctrl + Alt + Del pada keyboard untuk membuka jendela Close Program atau Task Manager. Pilih program yang tidak merespons lalu End Task. Jika program sudah terhenti dan tidak muncul lagi di Task Manager, kamu bisa membukanya kembali untuk memperiksa apakah programnya sudah berjalan dengan baik atau belum.

Melakukan Restart

Langkah paling cepat yang bisa dilakukan adalah melakukan restart. Melakukan restart pada laptop selalu menjadi jalan keluar utama ketika terjadi error seperti program tidak merespons. Setelah laptop sudah menyala, kamu bisa membuka programnya kembali untuk melihat apakah masalah yang terjadi sudah teratasi dengan baik atau belum.

Tutup Program Yang Tidak Diperlukan

Program yang berhenti secara terpaksa atau biasanya disebut file not responding sering kali terjadi karena terlalu banyak membuka data secara bersamaan, hal tersebut bisa mengakibatkan data yang sedang dikerjakan menjadi lemot dan berujung pada terhentinya program.

Jika semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan namun laptop masih mengalami gangguan atau error, Sobat ZetZet bisa langsung menghubungi Mr. ZetZet untuk melakukan pemeriksaan sehingga laptop yang digunakan bisa mampu menyeimbangakan sesuai dengan keperluan.