Cleaning Laptop Gadgets Laptop&PC Technologies Tips

Penggunaan laptop yang dilakukan hampir setiap hari harus diimbangi dengan perawatan yang tepat. Jika pemakaian selalu dilakukan tanpa adanya usaha merawat, maka laptop akan menjadi cepat rusak dan menghambat pekerjaan yang harus dilakukan. Langkah tepat merawat laptop harus dipikirkan oleh masing-masing pengguna demi tercapainya tujuan.

Namun, perawatan yang dilakukan untuk laptop harus dilakukan secara benar. Karena jika tidak, aksi tersebut bisa membuat laptop menjadi rusak. Berikut beberapa langkah perawatan yang bisa Sobat ZetZet lakukan untuk mempertahankan kondisi laptop agar tetap baik dan optimal.

1. Jauhkan Zat Cair Dari Sekitar Laptop

Bermain laptop sambil meminum kopi atau minuman lainnya sudah menjadi habit yang sangat umum di kalangan masyarakat. Karena itu, tidak jarang terjadi kasus dimana minuman tidak sengaja mengenai bodi laptop. Hal tersebut bisa dicegah dengan cara menggunakan tutup minuman yang bisa mencegah cairan tumpah dah meletakan posisi minuman tidak terlalu dekat dengan letak laptop.

2. Gunakan Antivirus Yang Tepat di Laptop

Penggunaan antivirus di laptop sangat penting dengan tujuan proteksi agar terhindar dari virus-virus yang ada ketika kita sedang berjelajah internet. Namun jika memilih antivirus yang tidak tepat dapat menyebabkan laptop menjadi lemot bahkan error. Pemilihan antivirus yang tepat sangat penting untuk dilakukan, agar ketika sudang terpasang bisa digunakan sesuai fungsinya untuk melindungi file dan data yang ada di laptop.

3. Matikan Laptop Dengan Cara Benar

Ketika Sobat ZetZet ingin berpergian, sangat disarankan untuk mematikan laptop dengan cara Shutdown, bukan Sleep atau Standby. Jika laptop terlalu sering menggunakan metode Sleep, maka akan bisa membuat hard disk cepat rusak karena HDD akan tetap bekerja dalam posisi tidur. Selain itu, hal penting yang juga harus diperhatinkan adalah jangan mematikan laptop dengan cara paksa seperti melepas baterai dalam kondisi masih menyala.

Mr.ZetZet udah kasih tiga cara mudah untuk menjaga laptop agar tetap tahan lama dan bisa setia sama kita semua nih. Perlakuan dan perawatan yang baik kepada laptop akan menjauhkan kita dari kondisi laptop rusak, lemot, maupun error. Jadi untuk Sobat ZetZet harus lebih peduli lagi dengan kondisi laptop masing-masing ya!