Uncategorized

Terinveksi virus pada laptop merupakan hal paling memungkinkan untuk terjadi dan terkadang tidak bisa terhindari. Jika laptop sudah terinveksi virus biasanya laptop akan menjadi lambat, file hilang atau corrupt, dan bahkan sampai kemungkinan terjadinya peretasan. Berikut jenis virus laptop yang harus sobat Zetzet ketahui:

1. Worm

Worm merupakan virus yang tidak terlalu berbahaya. Namun jika virus ini dibiarkan saja, maka akan bisa membuat memori penyimpanan pada laptop menjadi cepat penuh dan sistem pada laptop menjadi rapuh. Dengan kecepatannya untuk menggandakan virus, worm bisa membuat file acak yang tidak berguna dan itu yang akan menggunakan memori pada laptop sehingga cepat penuh. Virus worm bisa menginfeksi laptop melalui penggunaan jaringan internet.

2. Trojan

Trojan memiliki kemampuan untuk mengontrol, mengendalikan, bahkan mencuri data yang ada pada laptop. Proses menginfeksi virus ini sama seperti worm yang bisa berasal dari penggunaan jaringan internet.

3. Spyware

Spyware merupakan software yang diunggah secara rahasia oleh hacker untuk mengintai korban atau pengguna laptop yang menjadi target. Virus ini termasuk dalam kategori virus yang cukup berbahaya dan diklasifikasi yang dirancang untuk mengawasi dan merusak laptop. Jika laptop sudah terinfeksi virus Spyware, maka korban akan mengalami kerugian atas pencurian data dan koneksi internet yang diakses menjadi lambat.

4. FAT Virus

File Allocation Table (FAT Virus) adalah virus yang memiliki kemampuan untuk merusak file-file tertentu. Selain itu, virus ini juga memiliki kemampuan untuk bersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi. FAT bisa menyembunyikan file penting seakan-akan file tersebut hilang.

5. Multipartite Virus

Multipartite virus biasanya bersembunyi di dalam RAM yang dapat menginfeksi sistem operasi dalam beberapa program tertentu. Jika virus ini dibiarkan dan tidak ditangani maka akan merambah pada hard disk. Virus ini mampu menyerang laptop dengan cepat. Hal ini akan membahayakan kesehatan RAM dan hard disk laptop. Jika sudah terserang multipartite virus maka hard disk akan terformat sehingga membuat beberapa aplikasi tidak bisa terbuka.

Kalau sobat Zetzet sudah mengenali virus-virus yang ada maka bisa melakukan tindakan preventif untuk melindungi laptop dari terserangnya virus dan laptop akan tetap aman.