Gadgets Laptop&PC Maintenance Tips

Laptop overheat merupakan kondisi laptop ketika sedang panas. Penyebab kondisi overheat biasanya terjadi karena durasi penggunaan laptop, umur laptop yang digunakan, atau rusaknya pendingin dan pengatur sirkulasi udara pada laptop. Kondisi overheat bisa membuat kita ketika sedang memakai laptop menjadi sangat tidak nyaman karena mesin yang panas dan membuat sistem pada laptop menjadi lambat.

Ciri-ciri dari laptop overheat adalah mesin bawah bagian laptop terasa panas. Jika laptop sudah overheat, biasanya akan tiba-tiba mati karena karena ada pengaturan otomatis dalam BIOS yang mematikan laptop untuk melindungi hardware dari efek panasnya laptop.

Penyebab Laptop Overheat

Sobat Zetzet harus tau nih aktivitas apa saja yang bisa menyebabkan laptop overheat, karena jika terlalu sering terjadi maka kesehatan laptop agar terganggu bahkan akan membuat laptop mati total.

Pemakaian Terlalu Lama

Pemakaian laptop dalam jangka waktu yang terlalu lama tanpa istirahat bisa membuat laptop menjadi overheat. Jika memang diharuskan untuk menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama, maka Sobat Zetzet harus siap menyediakan cooling eksternal sehingga bisa membantu mendinginkan mesin laptop atau gunakan laptop di tempat dengan sirkulasi udara yang tidak cepat membuat laptop panas.

Peletakan Laptop Salah

Masih banyak yang belum mengetahui cara peletakan laptop dengan benar. Terkadang masih banyak user yang menggunakan laptop dengan meletakannya di atas kasur atau sofa. Meletakan laptop pada kasur atau sofa bisa menghambat sirkulasi udara pada laptop sehingga bisa membuat laptop menjadi overheat. Tempat peletakan laptop sangat disarankan  untuk menggunakan bahan yang keras seperti meja kayu.

Cooling Sudah Rusak

Cooling atau kipas laptop yang sudah mulai rusak atau bekerja secara tidak normal bisa merusak laptop dengan tanda-tanda overheat. Awalnya laptop akan tetap berjalan seperti biasa, lalu akan menjadi overheat dan semakin alam akan menyerang hardware. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan cooling atau kipas secara rutin ketika sudah kotor.

Thermal Paste Mengering

Thermal paste berada pada bagian atas prosesor dengan fungsi untuk mengurangi panas yang dihasilkan dari prosesor. Semakin lama laptop digunakan maka kinerja yang dihasilkan akan semakin berkurang. Hal ini biasanya terjadi jika laptop sudah digunakan dalam jangka waktu 3-4 tahun.

Nah itu penyebab dari laptop yang overheat. Harus diperhatikan ya Sobat Zetzet karena jika laptop sudah terlalu sering overheat maka memungkinkan kemampuan kerja dari laptop akan menurun dan menjadi rusak.