Laptop&PC Tips

Baterai laptop merupakan hal yang paling penting dan harus dirawat agar kondisinya tetap sehat. Jika baterai sudah rusak, maka pemakaian laptop akan sangat terganggu. Akibat dari baterai yang sudah rusak adalah baterai tidak bisa diisi sampai 100%, baterai cepat habis dan bahkan bisa membuat laptop menjadi overheat.

Nah, ini cara-cara mudah yang bisa Sobat Zetzet lakukan untuk menjaga dan merawat baterai laptop agar tetap sehat:

Jangan Charge Baterai Terlalu Lama

Membiarkan laptop dibiarkan terhubung dengan charger terlalu lama akan memberikan dampak buruk. Sangat disarankan cabut charger ketika sudah mencapai 100% agar menghindari baterai menjadi bocor.

Jangan Biarkan Baterai Laptop Sampai 0%

Membiarkan kondisi baterai laptop sampai 0% merupakan hal yang harus dihindari karena bisa menurunkan fungsi baterai dan juga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lain pada laptop. Sangat disarankan untuk mengisi daya baterai ketika sudah berada pada 25% karena kapasitas baterai kurang dari 20 persen dapat membahayakan baterai Li-ion.

Gunakan Charger Original

Penggunakan kabel charger bisa mempengaruhi kondisi baterai. Jika menggunakan kabel yang tidak original bisa menyebabkan baterai rusak karena daya listrik yang diberikan berbeda dengan kemampuan kabel original. Sangat disarankan untuk menggunakan kabel original karena daya listrik yang dihantarkan pasti sesuai dengan kebutuhan baterai.

Aktifkan Mode Power Saver

Laptop terbaru saat ini pasti sudah bisa mengatur dengan mode balance. Power Mode: Battery Saver bisa diatur pada Panel Control atau klik icon baterai pada bagian kanan bawah lalu pilih Power Mode: Battery Saver.

Menyimpan Laptop Dengan Suhu Sesuai

Untuk laptop dengan baterai tanam yang tidak memungkinkan untuk mencabut baterai, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat kondisi baterai adalah dengan cara menyimpan laptop dengan suhu yang sesuai. Suhu yang baik untuk menyimpan laptop adalah suhu ruangan yang tidak terlalu panas seperti udara sejuk atau dingin. Penyimpanan laptop juga harus disertai dengan kapasitas daya baterai dengan minimal 50%.

Yuk Sobat Zetzet lakuin cara-cara di atas yaa biar baterainya selalu sehat dan awet jadi laptop gak akan rusak deh.