Gadgets Laptop&PC Tips

Sobat Zetzet pasti pernah kan ngalamin kabel charger yang tiba-tiba rusak kan? Pasti rasanya kesal banget karena harus beli charger baru dengan harga yang mahal. Nih Mr.Zetzet kasih tau cara mudah merawat kabel charger biar gak cepat rusak!

Hindari Pemakaian Charger Secara Asal

Sudah menjadi fakta bahwa laptop dibuat dengan daya yang berbeda-beda, begitu pula dengan charger. Charger memiliki kekuatan daya penghantar listrik yang berbeda-beda. Penggunaan charger yang tidak sesuai dengan tipe laptop akan membahayakan kondisi baterai laptop. Selain itu, charger juga bisa menjadi rusak karena dianggap dipaksa untuk mengikuti daya yang dibutuhkan oleh baterai laptop yang sedang diisi.

Periksa Suhu Adaptor Saat Mengisi Daya

Memeriksa suhu pada adaptor charger merupakan hal penting yang harus dilakukan. Jika adaptor hangat, maka hal tersebut dinilai normal. Namun, jika adaptor terasa panas maka charger harus segara dicabut dan dibiarkan sampai kembali ke suhu normal. Agar adaptor tidak cepat panas, sebaiknya charger jangan terlalu lama terhubung pada listrik terlebih lagi jangan dibiarkan tetap terhubung pada laptop ketika baterai sudah terisi penuh.

Jangan Gunakan Charger Terlalu Lama

Membiarkan charger tetap terhubung dengan listrik dan laptop ketika baterai sudah terisi 100% tidak baik untuk kondisi laptop dan juga charger. Akibatnya, baterai laptop akan menjadi rusak dan adaptor charger menjadi lebih cepat panas.

Gulung Kabel Charger Dengan Benar

Cara menggulung kabel charger dengan benar bisa dilakukan dengan pola bundar atau lingkaran benar, kemudian ikat salah satu bagiannya dengan pengikat yang biasanya sudah tersedia. Hindari menggulung charger dengan tidak terlalu rapat hingga menekuk, hal tersebut dapat mencegah kabel-kabel halus di dalam kabel charger putus. Jika kabel sudah terputus, maka bisa menyebabkan charger mati total dan tidak bisa digunakan.

Jangan Tarik Kabel Ketika Mencabut Dari Colokan

Terkadang kita secara tidak sadar mencabut charger dengan menariknya secara paksa. Ketika mencabut charger dari colokan sebaiknya dilakukan dengan cara pegang kepala colokan dan gerakan secara perlahan.

Simpan Charger di Tempat Kering

Charger laptop jangan disimpan di tempat yang basah atau lembab, sama seperti cara penyimpanan alat elektronik lainnya. Simpan charger di tempat yang tidak terlalu panas maupun tidak terlalu dingin, seperti pada suhu ruangan.

Nah itu cara mudah yang bisa Sobat Zetzet lakukan untuk menjaga kesehatan kabel charger. Untuk Sobat Zetzet yang punya masalah laptop jangan ragu untuk hubungi Mr. Zetzet dengan klik tulisan “Online” di website home Zetzet ya!