Laptop&PC Maintenance

Motherboard merupakan perangkat keras terpenting di laptop dengan tugasnya menyusun sebuah sistem. Kalau motherboard rusak pasti laptop akan terganggu banget. Fungsi utama dari motherboard itu sebagai tempat rangkaian sistem komputer disusun, yaitu prosesor atau CPU, chipset, RAM, hard disk, VGA, LAN CARD, dan juga sockter serta slot lain dari laptop. Ciri-ciri motherboard yang rusak bisa dilihat dari kondisi laptop loh Sobat Zetzet, seperti overheat, kipas prosesor tidak bisa beroperasi, bunyi beep yang muncul dari laptop, bahkan laptop yang sering mati secara tiba-tba.

Laptop Overheat

Salah satu ciri motherboard rusak adalah laptop yang cepat panas atau overheat. Jangka waktu yang normal laptop menjadi panas adalah jika laptop sudah digunakan lebih dari 3 jam. Berbeda ketika motherboard sudah rusak, laptop akan terasa panas walaupun baru saja dihidupkan. Biasanya hal itu terjadi karena motherboard mengalami kerusakan di sekitar IC chipset dan juga IC psu (power supply), sehingga membuat chipset dan komponen menjadi panas.

Cara memeriksa masalah dari laptop overheat apakah disebabkan dari motherboard atau bukan, laptop harus dibongkar dan memastikan komponen tersambung pada socket dengan sesuai dan sempurna. Jika sudah dilakukan pemeriksaan tetapi laptop masih cepat overheat terutama pada area chipset, bisa dipastikan motherboard rusak atau memiliki masalah.

Kipas Prosesor Tidak Bisa Beroperasi

Kipas prosesor yang tidak bisa beroperasi merupakan salah satu ciri-cri motherboard laptop sedang memiliki masalah. Hal ini terjadi karena motherboard tidak mampu memberikan aliran listrik ke kipas sehingga tidak dapat beroperasi.

Suara Beep Pada Laptop dan Masalah BIOS

Jika laptop muncul suara beep secara berkali-kali bisa memiliki kemungkinan kalau motherboard sedang rusak atau mengalami masalah. Munculnya suara beep ini bisa menjadi gejala dari kerusakan komponen lain selain motherboard yaitu seperti hard disk dan RAM.

Cara memastikannya, Sobat Zetzet harus melakukan pengecekan secara manual pada ahlinya dan melihat komponen mana yang mengalami masalah atau ada kerusakan.

Ciri-ciri kerusakan lainnya adalah ketika ada kerusakan pada BIOS, seperti tidak bisa masuk ke menu BIOS, stuck di menu BIOS dan tidak bisa masuk ke sistem operasi, dan hanya muncul logo BIOS saja. Cara memperbaiki motherboard yang mengalami gangguan dan kerusakan BIOS adalah dengan cara service di teknisi ahlinya, hindari memperbaiki sendiri jika tidak terlalu mengerti untuk menghindari kerusakan menjadi semakin parah.

Susah Menghidupkan Laptop atau Mati Total

Jika laptop susah untuk dihidupkan atau bahkan mati total juga merupakan ciri-ciri dari motherboard yang sedang rusak. Umumnya hal ini terjadi karena laptop terlalu lama atau terlalu sering menggunakan mode sleep atau hibernate. Pada akhirnya motherboard akan rusak. Pemeriksaan yang bisa dilakukan adalah untuk memastikan power supply datau baterai pada laptop masih berfungsi dengan baik atau tidak. Hal ini karena laptop terdiri dari gabungan banyak komponen yang terikat satu sama lainnya.

Kalau Sobat Zetzet ngalamin hal di atas harus secara cepat dibawa ke ahlinya ya dan hindari penggunaan yang bisa membuat motherboard menjadi rusak.