Gadgets General

RAM adalah salah satu komponen yang sangat penting di komputer. RAM hadir sebagai penentu seberapa cepat komputer atau laptop mampu membaca program dan melakukan prosesnya. Perkembangan yang akan terjadi atas RAM terutama pada PC diramalkan akan terjadi secara pesat dalam bentuk peningkatan kapasitas RAM yang sangat drastis. Dengan dasar pertumbungan hard disk yang saat ini sudah mencapai ukuran 24TB, semakin banyak sumber yang yakin bahwa tidak lama lagi RAM untuk PC pribadi akan mencapai pada ukuran 1TB.

Sobat Zetzet, ada beberapa singkatan nih yang harus kalian ketahui:

  • SDRAM (Synchronous Dynamic RAM): semua RAM yang biasa dipakai adalah SDRAM
  • DIMM (Dual Inline Memory Module) adalah RAM yang digunakan untuk dekstop
  • SO-DIMM (Small Outline DIMM) adalah RAM yang digunakan pada laptop.

Ada 3 variabel utama pada RAM yaitu Kapasitas, Frekuensi, dan Timing.

Kapasitas

RAM bisa disebut sebagai penghubung antara hard disk atau SSD dengan prosesor. Sebagai contoh, ketika Sobat Zetzet ingin membuka sebuah data, maka data tersebut tidak akan diproses secara langsung oleh prosesor dari hard disk, namun data harus dipindah terlebih dahulu ke RAM dan kemudian data yang sudah berada di dalam RAM akan diproses oleh CPU.

Tahun 2021 hampir semua sistem yang ada sudah menggunakan DDR4 yang sebelumnya komputer menggunakan RAM mulai dari DDR sampai DDR3. Pada gambar di bawah ini akan menunjukkan perbedaan dari socket antara RAM DDR, DDR2, DDR3, dan DDR4 untuk PC. Tertulis DIMM (Dual Inline Memory Module) adalah untuk PC, sedangkan SO-DIMM (Small Outline DIMM) adalah untuk laptop. Sobat Zetzet harus mengetahui nih macam-macam ukuran RAM dari yang paling kecil sampai yang paling besar:

1. RAM Dibawah 1GB

Kapasitas RAM

Biasanya tidak ada PC atau laptop pribadi yang saat ini masih memakai RAM dengan ukuran dibawah 1GB. Kapasitas RAM dibawah 1GB sangat beragam dimulai dari 512 KB sampai 512 MB. RAM dengan kapasitas dibawah 1 GB banyak digunakan pada komputer tahun 1990-an, dimana pada saat itu fungsi komputer masih sangat biasa belum menggunakan sistem GUI (seperti Windows) dan hanya bisa dioperasikan melewati command DOS.

Pada saat ini, RAM dengan kapasitas dibawah 1 GB sudah tidak akan ditemukan pada pemakaian komputer atau laptop pribadi, karena prosesor yang ada pada saat ini sudah tidak mendukung dari segi kecepatan maupun socket dari RAM dengan kapasitas dibawah 1 GB.

2. RAM 1 GB

Dengan berkembangnya zaman RAM berkembang ke 1GB dan merupakan RAM tipe DDR. Dari segi bentuknya sudah terlihat seperti RAM dekstop yang biasa digunakan, namun sama seperti sebelumnya, Sobat Zetzet pasti akan sulit untuk menemukan RAM jenis ini pada saat ini. Pada saat RAM DDR1 masih sering digunakan, penggunaan komputer masih hanya untuk bermain game ringan dan menggunakan prosesor Pentium 3 atau Pentium 4.

3. RAM 2GB

Pada generasi selanjutnya, RAM hadir dengan jenis DDR 2 dan DDR 3. Kedua jenis RAM ini mempunyai kapasitas sebesar 2GB. Jika digabungkan dengan prosesor yang memiliki dual slot memory, maka komputer tersebut mampu untuk menampung kapasitas RAM dengan kapasitas 4GB. Penggunaan RAM 4GB masih banyak digunakan oleh beberapa sistem komputer sampai saat ini.

4. RAM 4GB

RAM berkapasitas 4GB muncul pada saat RAM generasi DDR3. Untuk komputer atau laptop yang memiliki dual slot memory, jika menggunakan 2 x 4GB maka total kapasitas RAM yang akan dimiliki adalah sebesar 8GB. DDR3 adalah standar minumim yang masih digunakan oleh komputer dan laptop.

5. RAM 8GB

DDR4 merupakan jenis RAM yang umum digunakan oleh komputer dan laptop keluaran terbaru. DDR4 sudah mendukung ukuran 8GB.

6. RAM 16GB

Kapasitas ini masih menggunakan DDR4 sama seperti pada RAM 8GB. RAM dengan kapasitas ini bisanya digunakan oleh laptop gaming yang ditujukan untuk penggunaan game berat. Laptop yang menggunakan RAM 16GB pada umumnya terdapat satu slot cadangan sehingga bisa dilakukan upgrade mencapai 32GB.