Gadgets Laptop&PC

Perangkat elektronik pada dasarnya harus mempunyai fitur canggih untuk mempermudah penggunanya. Laptop hadir dengan komponen hardware laptop dan memiliki fungsi masing-masing yang harus bekerja dengan baik agar laptop menjalankan aktivitas seperti mengetik,mengedit atau sekedar browsing. Namun, kita sebagai pengguna laptop juga harus mengetahui komponen apa saja yang terdapat pada laptop kita.

Casing 

Casing merupakan komponen yang pertama kali kita lihat dan sentuh ketika melihat sebuah laptop dari fisik luarnya. Casing berguna untuk melindungi komponen lainnya yang terdapat pada bagian dalam laptop seperti dari debu, kotoran, cairan hingga gangguan pada listrik. Casing juga dapat melindungi dari  benturan-benturan agar jika ada benturan maka tidak sampai motherboard.

Layar 

Layar laptop umumnya mempunyai berbagai macam teknologi yang menampilkan visual sesuai dengan kebutuhan. Contohnya seperti para pekerja seni atau kreatif biasanya membutuhkan layar laptop dengan warna yang akurat seperti umumnya sRGB pada diagram kromatik. Dengan teknologi lain seperti Delta E yang memberi akurasi warna t3 bodybuilding dosage agar nyaman dipandang, memiliki warna yang kompleks dengan white balance serta presisi dan koreksi gamma yang ditingkatkan hingga hasil menjadi lebih tepat karena merupakan hal penting bagi para konten kreator. Lalu teknologi HDR atau High Dynamic Range biasanya digunakan untuk laptop gaming yang memiliki rasio kontras dan warna yang ditingkatkan secara signifikan untuk membuat layar natural dan warna tetap.

Keyboard

Keyboard merupakan komponen yang paling sering disentuh daripada bagian lain selain casing. Karena keyboard digunakan untuk mengetik sampai bermain games. Fungsi utamanya adalah untuk memberikan perintah atau input data berupa angka, huruf dan simbol. Oleh karena itu keyboard memiliki serangkaian huruf, simbol, dan angka yang memiliki fungsi lainnya untuk membantu kita memberikan perintah kepada prosesor. Serta, biasanya saat ini laptop dilengkapi dengan teknologi backlit keyboard untuk kenyamanan mengetik pada ruangan cahaya minim.

Baterai

Untuk laptop keluaran terbaru umumnya sudah memilikI baterai tanam yang tidak dapat dilepas. Sedangkan untuk laptop generasi lama masih memiliki baterai yang dapat dicopot dan biasanya terletak di bagian belakang dekat kipas pada laptop. Baterai memiliki fungsi sebagai pemasok daya dan menyimpan daya agar laptop tetap dapat bekerja. Selain itu, baterai pada laptop terbaru sudah mampu bertahan hingga 9-18 jam dan juga sudah memiliki teknologi fast charging.

Power Adapter 

Power adapter digunakan untuk tempat plug in charger yang berfungsi memberikan daya listrik untuk mengisi baterai. Power adapter juga mampu mengalirkan listrik dari terminal listrik baterai ke baterai dan mengisi daya pada laptop agar tetap menyalah dan dapat digunakan.

MotherBoard

Motherboard merupakan komponen yang sangat penting yang merupakan sebagai induk atau pusat pengendali dan mengatur kerja semua komponen. Komponen yang terpasang seperti SSD,HDD,RAM dan VGA Card.

Prosesor 

Prosesor merupakan otak dari sebuah laptop,tanpa prosesor selengkap apapun komponen yang tersedia laptop tidak akan berfungsi atau menjalankan sistemnya. Karena setiap rata yang masuk akan diproses oleh prosesor dan keluar dalam bentuk grafis yang dapat dilihat melalui layar. Prosesor huga mengintegrasikan seluruh komponen hardware agar dapat bekerja sesuai dengan fungsi masing-masing.

Serta prosesor juga harus memberikan performa terbaik bagi para pengguna laptop yang dimana semakin banyak core processor, semakin cepat juga lrosesor menjalankan berbagai program dalam waktu yang bersamaan.

RAM dan Storage

Hardware laptop selanjutnya adalah RAM (Random Access Memory) dan hard disk. Keduanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Perbedaannya adalah pada waktu penyimpanannya. RAM berfungsi sebagai penyimpan data sementara, sedangkan hard disk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data permanen. 

RAM membuat proses membaca dan membuka data menjadi lebih cepat. Seperti, saat pertama kali membuka program atau aplikasi di laptop, pasti waktu load atau waktu memuatnya akan lebih lama jika dibandingkan dengan membukanya lagi selanjutnya. Hal ini karena RAM sudah menyimpan data sementara sehingga prosesor pun dapat mengakses data tersebut lebih cepat dan membuat program berjalan lebih cepat. 

CPU

GPU atau VGA Card berfungsi menerjemahkan data yang masuk kepada prosesor menjadi gambar pada layar laptop. GPU sangat penting bagi kita yang sehari-hari berhubungan dengan kerja kreatif, seperti mendesain grafis maupun mengedit video. 

Pemrosesan grafis yang dilakukan oleh GPU membuat data yang sudah input dapat berubah menjadi gambar berkualitas tinggi. GPU sendiri terbagi atas dua jenis, yaitu discrete GPU dan integrated GPU. Perbedaannya terletak pada posisi GPU. 

GPU yang terpisah dari prosesor adalah discrete GPU, sedangkan integrated GPU terintegrasi dengan prosesor. Hal ini membuat integrated GPU memiliki kemampuan yang terbatas dibandingkan discrete GPU karena harus berbagi sumber daya dengan CPU.