Maintenance

Ternyata thermal paste punya beberapa jenis loh Sobat Zetzet tentunya dengan karakteristik, kelebihan, serta kekurangan yang berbeda-beda. Mr.ZetZet akan jelasin nih jenis apa saja dan mau tau perbedaannya apa saja? Yuk baca sampai habis!

thermal paste

1. Thermal Paste Sillicon Based

Thermal paste jenis ini berbentuk pad atau bantalan yang sudah terpasang pada heatsink. Thermal paste pada jenis ini memiliki kemampuan menghantarkan panas dengan baik serta praktis karena sudah menyatu dengan heatsink.

2. Thermal Paste Ceramic Based

Pada jenis ini, terdapat bahan penghantar panas yang berlimbah dalam partikel keramik mikroskopis. Selain kemampuan menghantarkan panas ke heatsiink secara cepat, jenis ini juga relatif lebih aman lantaran bahan dasar keramik yang terdapat di dalamnya tidak menghantarkan listrik.

3. Thermal Paste Metal Based

Darii banyaknya jenis yang ada, jenis metal ini memiliki popularitas tinggii serta terhitung banyak digunakan. Hal ini dikarenakan partikel logam mikroskopis di dalamnya mampu menjadi penghantar panas yang cukup tinggi sehingga mampu mengoptimalkan pemindahan panas menuju heatsink.

Salah satu kekurangan yang ada pada thermal paste jenis ini adalah pada kemampuan menghantarkan listrik. Hal ini memiliki dampak pada hubungan arus pendek yang akan menyebabkan kerusakan pada laptop.

Jika laptop kalian masih terus mengalami Overheat, Zet segera sebelum kerusakannya menjadi permanen ya! Konsultasikan langsung ke Mr. ZetZet di nomor 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 085776938938 (Area Jakarta Barat)