Cleaning Laptop Tips

Kebersihan laptop merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk Sobat Zetzet yang rutin menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama. Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam berjam-jam penggunaan laptop, kita tidak hanya mengetik atau menggeser kursor namun juga diiringi aktivitas lain seperti makan, minum, sampai kebutuhan ke toilet.

Ada banyak langkah mudah yang bisa dilakukan untuk membersihkan laptop, Mr.ZetZet mau kasih tau nih langkah-langkahnya aja apa yuk disimak sampai habis!

1. Matikan Laptop

Sebelum membersihkan kamu harus memastikan kabel yang tersambung laptop dengan listrik telah tercabut dan laptop telah mati sepenuhnya. Untuk laptop yang baterainya masih bisa dilepaskan, sebaiknya dilepas terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari terjadinya korsleting arus listrik.

2. Gunakan Alat dan Bahan Pembersih Yang Tepat

Pemilihan dan penggunaan alat serta bahan untuk membersihkan harus dilakukan dengan tepat agar tampilan laptop bisa tetap mulus. Sobat ZetZet tidak bisa menggunakan sembarangan lap atau tisu untuk membersihkan karena terdapat serat-serat dari beberapa kain dan tisu yang bisa menggores layar laptop. Bahan mudah yang harus disiapkan adalah semprotan udara, kain bebas serat atau microfiber, cairan alkohol 30% atau 70% serta sikat gigi atau kuas yang lembut.

3. Bersihkan Bodi Laptop Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang bisa Sobat ZetZet lakukan ketika membersihkan laptop adalah pada bodi atau casing luarnya. Gunakan kain yang sudah dibahasi dengan cairan alkohol hingga lembab dan lap seluruh bagian bodi luar laptop. Setelah itu, keringkan terlebih dahulu sebelum membersihkan bodi dalam seperti sisi keyboard dan layar.

4. Bersihkan Layar

Kamu bisa melakukan langkah awal yang sama seperti ketika membersihkan bodi laptop. Usap layar ke kiri atau ke kanan dengan lembut dan jangan ditekan. Ulangi sampai layar sudah terlihat bersih.

5. Bersihkan Touchpad dan Keyboard

Sobat ZetZet bisa menggunakan semprotan udara untuk membersihkan touchpad dan keyboard. Semprot pada bagian yang ingin dikeluarkan kotoran dan debu. Selain itu, bisa digunakan sikat gigi atau kuas lembut untuk menjangkau celah keyboard yang cukup sempit.

Kamu bisa membersihkan laptop secara rutin namun jika ingin pembersihkan yang totalitas bisa langsung ke Mr. ZetZet aja! Konsultasikan langsung ke Mr. ZetZet di nomor 081717173669 (Area Jakarta Selatan) atau 085776938938 (Area Jakarta Barat)