Fun Fact Gadgets General IPhone Tips

Ayo Sobat ZetZet, angkat tangan dong buat kalian yang lagi punya masalah sama baterai iPhone kalian? Mr.ZetZet punya tips agar baterai iPhone kalian awet, baca sampai selesai ya!

 

Update ke software terbaru

Selalu pastikan perangkat kalian menggunakan iOS versi terbaru! Jika menggunakan iOS 5 atau lebih baru, lihat apakah iPhone kalian memerlukan upgrade software dengan cara berikut:

  • Buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika pembaruan tersedia, kalian dapat mencolokkan perangkat ke sumber daya listrik dan memperbarui secara wireless atau menyambungkannya ke komputer dan memperbarui dengan iTunes versi terbaru.

 

Optimalkan pengaturan Anda

Ada dua cara sederhana untuk menghemat masa pakai baterai yaitu dengan sesuaikan kecerahan layar dan gunakan Wi‑Fi. Seberapa sering kalian menggunakan iPhone kalian, pastikan untuk redupkan layar atau aktifkan Kecerahan Otomatis untuk memperpanjang masa pakai baterai.

  • Untuk meredupkan layar, buka Pusat Kontrol dan seret penggeser Kecerahan ke bawah.

Kecerahan Otomatis menyesuaikan layar kalian dengan kondisi pencahayaan secara otomatis.

  • Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > Aksesibilitas.
  • Ketuk Tampilan & Ukuran Teks, lalu nyalakan Kecerahan Otomatis.

Saat Sobat ZetZet menggunakan perangkat untuk mengakses data, koneksi Wi‑Fi menggunakan lebih sedikit daya daripada jaringan seluler — jadi selalu aktifkan Wi‑Fi.

  • Untuk mengaktifkan Wi‑Fi, buka Pengaturan > Wi‑Fi untuk mengakses jaringan Wi‑Fi.

 

Aktifkan Mode Daya Rendah

Diperkenalkan dengan iOS 9, Mode Daya Rendah adalah cara mudah untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone saat mulai melemah. iPhone kalian memberi tahu saat level baterai turun hingga 20%, dan lagi pada 10%, dan memungkinkan kalian untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah dengan satu ketukan.

Atau kalian dapat mengaktifkannya dengan masuk ke: Pengaturan > Baterai. Mode Daya Rendah mengurangi kecerahan layar, mengoptimalkan kinerja perangkat, dan meminimalkan animasi sistem. Aplikasi termasuk Mail tidak akan mengunduh konten di latar belakang, dan fitur seperti AirDrop, sinkronisasi iCloud, dan Continuity akan dinonaktifkan.

Sobat ZetZet masih dapat menggunakan fungsi utama seperti membuat dan menerima panggilan telepon, email, dan pesan, mengakses Internet, dan lainnya. Saat ponsel kalian terisi kembali, Mode Daya Rendah akan mati secara otomatis.

 

Lihat informasi Penggunaan Baterai

Dengan iOS, kalian dapat dengan mudah mengelola masa pakai baterai perangkat, karena kalian dapat melihat proporsi baterai yang digunakan oleh setiap aplikasi (kecuali jika perangkat sedang diisi). Untuk melihat penggunaan kalian, buka Pengaturan > Baterai.

Berikut adalah pesan yang mungkin kalian lihat tercantum di bawah aplikasi yang telah digunakan: Aktivitas Latar Belakang. Ini menunjukkan bahwa baterai digunakan oleh aplikasi saat berada di latar belakang — yaitu saat kalian menggunakan aplikasi lain.

Untuk meningkatkan masa pakai baterai, kalian dapat mematikan fitur yang memungkinkan aplikasi refresh di latar belakang.

  • Buka Pengaturan > Umum > Background App and Refresh dan pilih Wi-Fi, Wi-Fi & Data Seluler, atau Nonaktif untuk mematikan Background App and Refresh sepenuhnya.

 

Lokasi dan Latar Belakang Lokasi

Ini menunjukkan bahwa aplikasi menggunakan layanan lokasi.

Kalian dapat mengoptimalkan masa pakai baterai dengan mematikan Layanan Lokasi untuk aplikasi.

  • Matikan di Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi.

Di Layanan Lokasi, kalian dapat melihat setiap aplikasi yang terdaftar dengan pengaturan izinnya. Aplikasi yang baru-baru ini menggunakan layanan lokasi memiliki indikator di samping sakelar hidup/mati.