Gadgets General Laptop&PC Repairs Tips

Musibah seperti laptop kena air merupakan hal yang pasti ditakutkan oleh semua orang. Namun, musibah tersebut bisa saja terjadi walaupun kita sudah sangat berhati-hati. Buat Sobat ZetZet yang sedang mengalami masalah laptop yang kena tumpahan air jangan panik dulu! Mr. ZetZet punya tips buat kalian mengataskan masalah ini!

 

  • Langkah 1 – Matikan Laptop

Matikan laptop sesegera mungkin. Jika kalian sedang mengerjakan kerjaan penting, segera simpan, lalu tahan tombol daya selama sekitar lima detik dan komputer akan mati semua.

Jika laptop masih tercolok, pastikan kalian mematikannya dari stop kontak sebelum melepaskan kabel daya dari laptop.

  • Langkah 2 – Balikkan Laptop

Sesegera mungkin balikkan laptop untuk menghentikan air masuk lebih jauh ke dalam mesin. Dengan membuka laptop dan meletakkannya di permukaan datar sebagai V terbalik, kalian dapat mencegah komputer atau layar dari kerusakan air lebih lanjut.

  • Langkah 3 – Keluarkan baterai

Keluarkan baterai dari laptop. Ini akan mencegah cairan mencapai unit baterai dan berpotensi menyebabkan risiko bahaya dari listrik. Ingat, jangan mencoba melakukan ini sampai kalian mencabut laptop dari stopkontak.

Mr. ZetZet menyarankan langkah satu ini dilakukan hanya jika kalian punya pengalaman, jika tidak, jangan coba sendiri dan datang saja ke Mr. ZetZet dimana teknisi terpercaya kami akan membantu kalian!

  • Langkah 4 – Lepaskan semua perangkat periferal

Keluarkan semua perangkat yang mungkin terpasang ke laptop seperti dongle USB dan kartu SD.

Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, biarkan laptop kalian untuk mengering sebelum dinyalahkan kembali. Namun sebaiknya laptop kalian buru-buru dibawa ke ZetZet aja Sobat saat terkena air agar laptop kalian bisa diselamatkan lebih cepat!

 

Lokasi ZetZet bisa kalian temukkan dibawah ya!
  • Zet Zet Jakarta Barat

Jl. Tanjung Duren Raya No.17a, RT.1/RW.6, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470

  • Zet Zet Jakarta Selatan

PemmzTechie, 9, Jl. H. Nawi Raya No.9M, RW.2, Gandaria Sel., Kec. Cilandak, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12420