Fun Fact General Laptop&PC Tips

Sobat Zetzet ayo merapat! Mr. Zetzet kembali lagi dengan tips buat kalian. Kali ini tips yang mimin mau kasih adalah 9 tips untuk menjaga laptop kalian dari segalanya!

 

  • Jauhkan Makanan, Minuman, dan Cairan dari laptop kalian!

Bukan informasi baru kalau listrik dan air bukanlah kombinasi yang baik. Salah satu cara untuk menjaga laptop kalian dan pastikan laptop tersebut mempunyai umur yang panjang adalah dengan menjauhkannya dari makanan dan minuman. Tetapi jika Sobat Zetzet akan minum sambil bekerja, pastikan untuk menyimpan cangkir cukup jauh dari laptop sehingga jika terjadi tumpahan, cairan tidak langsung masuk ke keyboard laptop.

  • Investasi dalam Solusi Pembersihan Khusus

Sangat penting untuk membersihkan laptop secara teratur. Pastikan untuk memberi perhatian khusus pada keyboard, panel sentuh, permukaan layar, dan ventilasi.

Beberapa investasi kecil yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga kebersihan laptop Sobat Zetzet adalah dengan membeli; kain mikrofiber lembut dan antiseptik khusus, sehingga kalian dapat menggunakannya sebagai disinfektan saat membersihkan layar atau keyboard.

  • Tingkatkan Umur Baterai

Hal pertama yang perlu Sobat Zetzet ketahui adalah kalian harus tetap menyambungkan laptop kepada charger selama mungkin. Jika kalian sering bekerja di meja, cukup colokkan kabel daya.

Berlawanan dengan kepercayaan umum, pengisian baterai laptop yang berlebihan tidak menjadi masalah seperti yang dibayangkan! Jika memungkinkan, jangan pernah membiarkan baterai kalian sepenuhnya habis! Membiarkan baterai turun hingga 0% sebelum mengisi ulang terbukti akan merusak kesehatan baterai.

  • Biarkan Laptop Bernafas

Saat komputer kalian sedang digunakan, komponennya menjadi panas. Laptop yang berbeda menangani pendinginan dengan cara yang berbeda. Beberapa laptop hadir dengan cara inovatif yang meningkatkan aliran udara.

Sebagai aturan umum, untuk memastikan pendinginan yang tepat, Sobat Zetzet harus meletakkan laptop di permukaan yang keras dan rata seperti meja. Meletakkan laptop pada bahan lembut seperti bantal atau kain apa pun dapat mencegah pembuangan panas yang diperlukan.

Jika kalian benar-benar ingin menggunakan laptop di tempat tidur atau di pangkuan, belilah dudukan laptop yang dirancang khusus untuk tujuan tersebut.

  • Case Laptop atau Tas

Penting untuk berinvestasi dalam operator khusus untuk laptop kalian untuk membantu mencegah kerusakan. Banyak solusi tersedia untuk dipilih. Yang paling sederhana adalah casing laptop yang memungkinkan kalian membawa komputer dengan aman di dalam tas atau tas tangan favorit Sobat Zetzet!

Kalian juga bisa membeli tas laptop. Ini biasanya dilengkapi dengan beberapa kantong-kantong yang membantu dalam membawa barang lain, seperti kabel daya, mouse, earphone, atau dongle.

  • Menyimpan Perangkat dengan Benar

Di mana dan bagaimana Sobat Zetzet menyimpan mesin sangat penting, terutama dalam hal paparan sinar matahari. Meninggalkan laptop kalian di dekat jendela atau di dalam mobil pada hari yang panas dapat menyebabkan kerusakan!

Jangan meletakkan apapun di atas laptop juga. Selain potensi kerusakan estetika body laptop kalian, ini dapat menyebabkan deformasi sasis atau retakan layar. Bahkan dapat mengurangi jarak antara permukaan layar dan keyboard yang dapat mengakibatkan goresan pada kaca.

  • Selalu Perbarui Software

Pastikan untuk selalu memperbarui software laptop kalian! Aplikasi dan sistem yang kedaluwarsa dapat berjalan lebih lambat dan menyebabkan masalah kompatibilitas, yang dapat membuat kalian terkena masalah keamanan dan juga menghambat kinerja komputer.

Untuk memanfaatkan sepenuhnya perangkat lunak terbaru, pastikan untuk mengaktifkan pembaruan otomatis, atau jika Anda mau, periksa sendiri pembaruan secara teratur.

Untuk memastikan sistem Windows kalian mutakhir, buka Pengaturan, lalu Perbarui & Keamanan, lalu Pembaruan Windows; lalu klik Periksa Pembaruan.

  • Hapus Aplikasi dan File yang Tidak Digunakan

Banyak pengguna laptop mengeluh bahwa komputer mereka menjadi lebih lambat dari waktu ke waktu. Salah satu penyebab utama yang menyebabkan kelambatan adalah kelebihan muatan yang dihasilkan dari terlalu banyak aplikasi di perangkat.

Mulailah dengan hati-hati mengevaluasi aplikasi mana yang benar-benar dibutuhkan; lalu hapus semua aplikasi yang tidak termasuk dalam kategori ini. Ingat: Kalian selalu dapat mengunduh aplikasi kembali sesuai kebutuhan.

Tinjau secara teratur daftar aplikasi yang terinstal di komputer, dan jika mengidentifikasi aplikasi yang tidak digunakan, hapus instalannya.

  • Tetap Bebas Virus

Virus komputer dan malware lainnya dapat memperlambat laptop kalian, dan memaparkan file, kata sandi, dan riwayat aktivitas Anda.

Langkah pertama untuk mengatasi ini adalah menginstal soffware antivirus terkemuka dan menjalankan pemindaian secara teratur Sayangnya, untuk mendapatkan perlindungan yang tepat, Sobat Zetzet mungkin perlu mengeluarkan biaya tambahan. Tidak semua software antivirus sama, dan yang berkualitas cenderung ada harganya.

Untuk membantu mencegah virus menginfeksi komputer Sobat Zetzet, hindari situs web dengan reputasi yang meragukan (ada tanda-tanda yang dapat kalian identifikasi dengan mudah, seperti iklan yang tidak pantas).