Cleaning Laptop Gadgets Maintenance

Siapa sih yang gak akrab dengan USB? Bagi kita, USB mungkin hanya berfungsi untuk menyimpan ataupun mentransfer data. Sebenarnya, dibalik perangkat yang kecil dan bervariasi ini ada banyak fungsi lain yang tidak semua orang tahu loh Guys! Berikut ini sisi ajaib dari USB yang perlu kamu ketahui!

  • Menjalankan Sistem Operasi 

USB dapat digunakan untuk menjalankan Sistem Operasi Laptop/PC kamu secara terpisah tanpa harus instal komputer. Bahkan dengan menggunakan USB kamu bisa menggunakannya dimana saja baik itu di perangkat yang berbeda. Kemudian, bila hard disk kamu tidak bisa diakses sama sekali maka kamu bisa menggunakan sistem operasi dari USB. Misalnya, ketika Windows di laptop kamu masih menggunakan versi lama, kamu bisa mencoba OS Windows 10 dengan melakukan bootable Windows 10 di USB. Nantinya, laptop kamu dapat langsung menjalankan sistem operasi Windows 10 dari USB.

  • Menggunakan Aplikasi Favorit Di Mana Saja 

Kebanyakan aplikasi, tentunya membuat kamu harus melakukan install untuk dapat diakses. Namun, sebenarnya dengan melakukan pengunduhan aplikasi portabel dalam bentuk file ZIP ke dalam USB kamu bisa menjalankannya di perangkat manapun. Fungsi tersebut sangatlah cocok untuk kamu yang bekerja secara mobile. Kamu bisa mengakses berbagai aplikasi terkait pekerjaan yang selalu kamu butuhkan di berbagai perangkat yang saat itu sedang kamu gunakan.

  • Mengunci/Membuka PC 

Ternyata USB juga dapat berperan sebagai alat pengaman yang memberikan perlindungan pada data-data penting di laptop/PC kamu. Kamu bisa memanfaatkan USB untuk mengunci laptop/PC kamu loh. Caranya, kamu terlebih dahulu harus mengunduh software Predator (untuk Windows). Software ini berfungsi  untuk mengubah USB sebagai kunci untuk mengunci/membuka komputer. Jika USB dihubungkan ke port laptop/PC kamu maka bisa diakses dan jika kamu mencabutnya maka perangkatmu akan terkunci secara otomatis.

Nah, itu dia beberapa sisi ajaib dari perangkat kecil bernama USB. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya bagi sobat ZetZet. Jangan lupa untuk selalu melakukan eject, sebelum melepaskan USB dari port perangkat yang terhubung. Dan pastinya, pasang software AntiVirus untuk mencegah adanya Virus yang dibawa dari USB.