General

RAM menjadi komponen yang penting dalam sebuah laptop maupun desktop. RAM berguna untuk mempercepat proses data yang ada dalam perangkat. Tahukah kalian ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencari RAM untuk laptop? Yuk simak apa saja yang harus diperhatikan pada RAM :

1. Ketahui Tipe RAM dan Motherboard

Pilih memori RAM yang sesuai dengan spesifikasi dekstop PC kamu. Jika motherboard PC kamu mendukung dual channel, maka pilihlah RAM yang memiliki jumlah ganda. Selain itu, kemampuan motherboard pun harus disesuaikan. Jika untuk slot RAM pada motherboard yang dual channel pun disarankan menggunakan 2 keping. Jika ingin menambahkan RAM 2 GB, maka belilah dua RAM 1 GB. Begitu pula dengan RAM 4 GB, maka kamu sebaiknya membeli dua RAM 2 GB. Perhatikan pula tipe RAM yang motherboard kamu gunakan. Apakah DDR1, DDR2, DDR3 atau DDR4.

 

2. Slot RAM yang Tersedia

Pilihlah memori dengan slot yang sama, karena jika tidak sama maka memori RAM tidak dapat digunakan. Sebagian besar motherboard mempunyai 2 atau 4 slot pemasangan RAM.

3. Ketahui Apa Tipe dan Frekuensi RAM

ram pc

Tidak semua motherboard mendukung kecepatan frekuensi pada memori RAM. Dengan begitu, kamu harus mengetahui tingkat kemampuan motherboard dalam menerima kecepatan frekuensi dari RAM. Misalnya untuk tipe RAM DDR tertentu seperti DDR3 dengan maksimal speed 1066 – 1600 Mhz untuk mode stkamur dan 1866 -3000 MHz untuk overclocking. Sobat ZetZet dapat melihatnya dengan masuk melalui BIOS ketika pertama kali PC atau laptop dinyalakan.

4. OS Laptop yang digunakan

Khusus untuk kamu yang ingin menambahkan RAM dari 4 GB menjadi 8 GB, kamu harus memperhatikan sistem operasi yang dijalankan PC atau laptop.

5. Perhatikan Nomor Seri RAM

Perhatikan nomor seri yang ada pada RAM tersebut. Umumnya, di setiap RAM terdapat nomor seri, menkamukan apakah RAM tersebut jenis DDR1, DDR2, DDR3 atau DDR4. Jika kamu ingin membeli RAM sebanyak 2 buah, pastikan RAM tersebut sama jenis.

6. Kapasitas RAM

kapasitas ram

Tips memilih RAM selanjutnya adalah mengetahui kapasitas RAM. Usahakan kapasitas RAM yang kamu beli sama dengan serinya, agar kinerjanya lebih stabil.

7. Ketahui Socket yang Digunakan

Sebelum membeli RAM, pastikan bahwa jenis tersebut mendukung slot pada motherboard PC atau komputer kamu.

8. Gunakan Heat Spreader

Jika penggunaan RAM dalam jangka lama, lebih baik membeli RAM yang sudah dilengkapi dengan heat spreader.

9. Hindari RAM Tanpa Kemasan

Membeli RAM tanpa kemasan akan memberikan risiko terhadap kestabilan perangkat kamu, misalnya kerusakan akibat listrik statis yang sangat tinggi atau kerusakan data corrupt karena chip yang rusak.

10. Merek dan Garansi RAM

ram laptop

Sebaiknya Sobat ZetZet memilih RAM dari merek yang populer agar kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Sobat ZetZet juga dapat mengoptimalisasikan laptop kalian dengan menggunakan layanan Zet Servis di Mr.ZetZet atau hubungi kami di WA : 085776938938 (Jakarta Barat), 081717173669 (Jakarta Selatan)