Tips

RAM (Random Access Memory) adalah tempat penyimpanan sementara pada komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori atau acak. RAM berfungsi untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer. Apakah Sobat ZetZet sering bingung bagaimana cara mengecek RAM pada komputer kalian? Tenang aja, Mr.ZetZet akan membagikan tips and tricknya. Yuk simak :

1. Cek Ram pada Control Panel

Caranya :

· Buka Windows Explorer
· Klik kanan pada Logo Komputer dan akan muncul menu expand
· Kemudian klik kiri pada Properties
· Setelah muncul Jendela System Control Panel, Cek bagian Installed Memory (RAM)

1. Cara Cek Ram PC menggunakan Control Panel

Cek bagian Installed Memory (RAM)

Jumlah yang tertera adalah total kapasitas RAM terinstal di kedua slot, disampingnya ada informasi tambahan jumlah kapasitas RAM yang bisa dipakai setelah terpotong untuk sistem.

2.Cek RAM menggunakan Aplikasi Speccy

Dengan menggunakan Speccy bisa diketahui berapa slot RAM yang tersedia, berapa slot yang digunakan, DDR RAM, tipe, dan ukuran RAM.

Cara menggunakan Speccy :

· Download aplikasi speccy gratis
· Instal aplikasi speccy
· Buka speccy dan tunggu sebentar
· Semua spesifikasi pada PC akan muncul, kemudian klik bagian RAM
· Semua detail RAM yang ada akan ditampilkan

Semua detail RAM yang ada akan ditampilkan

3. Cek RAM pada Kemasan 

3. Cara Cek Ram PC pada Kemasan atau Stiker RAM

Pada stiker RAM yang tertempel biasanya tertera kapasitas dan tipe RAM yang digunakan, dengan begitu Sobat ZetZet dapat membawanya sebagai contoh jika ingin membeli RAM yang sama dengan kapasitas lebih tinggi.

Nah itu dia tips and trick untuk mengetahui kapasitas RAM pada komputer kalian. Sobat ZetZet juga dapat melakukan layanan optimalisasi dan membersihkan gadget kalian dengan datang ke Mr.ZetZet atau menghubungi kami di WA : 085776938938 (Jakarta Barat), 081717173669 (Jakarta Selatan), 0812 2852 2080 (Yogyakarta).