Uncategorized

Bagi sebagian orang, baterai laptop merupakan bagian yang paling diperhatikan kualitasnya. Namun, masih banyak yang belum mengetahui bahwa cara mengisi daya laptop memiliki pengaruh besar dalam kesehatan baterai laptop. Berikut merupakan hal-hal yang tidak disarankan dalam mengisi daya baterai laptop:

Laptop yang di-charge berkepanjangan sambil digunakan itu tidak bijak

Hampir semua pengguna laptop menggunakan laptop sambil dicharge baik itu untuk bermain game, bekerja, atau menonton. Hanya saja ada yang melakukan terus menerus meski daya baterainya sudah sampai 100%. Kalau dibiasakan, baterai akan cepat rusak dan tidak awet.

Tapi seiring berkembangnya teknologi, hal tersebut sudah bukan lagi menjadi masalah. Kalau sobat zetzet memakai laptop yang mendukung baterai berjenis Lithium-Polymer atau Lithium-Ion, kamu tidak perlu khawatir lagi saat dayanya sudah 100%. Kedua jenis baterai tersebut dapat menghentikan proses pengisian daya saat sudah penuh.

Sebaiknya jangan terus charge baterai saat sudah penuh

Dari berbagai studi penelitian yang sudah dilakukan, terbukti kalau membiarkan charger terus terpasang di laptop saat daya sudah 100% akan membuat komponen tegang dan bekerja ekstra. Pastinya kondisi tersebut akan membuat fungsi bahan kimia yang ada di dalam baterai akan semakin menurun. Karena itu, para ahli menyarankan cara charge laptop yang benar, yaitu segera cabut saat sudah sampai 100%. Menurut mereka, hal itu berfungsi sebagai relaksasi setelah melakukan pekerjaan berat.

Sebaiknya jangan mengisi daya hingga 100%

Apakah daya baterai harus dicharge sampai 100%? Jawabannya adalah tidak perlu. Baterai yang berjenis Lithium-Ion memiliki kelebihan yakni tidak perlu diisi sampai benar-benar penuh. Kenapa? Itu karena voltase listrik  yang tinggi hanya akan membuatnya stress.

Lalu mengisinya daya saat sudah tersisa 20-25% merupakan cara charge laptop yang benar dan tepat. Dengan begitu, kapasitas baterai laptop akan semakin maksimal dan awet.

Ketahanan baterai laptop pasti menurun seiring waktu

Kamu harus tahu kalau ketahanan baterai pasti ada batasnya seiring berjalannya waktu. Tentu saja kondisi ini sangat wajar dan pasti terjadi di semua perangkat elektronik. Kalau kamu sering menggunakan laptop, apalagi sudah bertahun-tahun dengan laptop yang sama, jangan berekspektasi ketahanannya akan sama saat kamu baru membelinya.

Apakah kalian sudah tahu hal tersebut di atas? Mulai saat ini perhatikan kesehatan baterai laptop kalian ya!