Cleaning Laptop Maintenance

Seiring waktu pemakaian, instalasi otomatis dari Windows 10  selalu menumpukkan berbagai jenis file junk yang memakan banyak ruang dan kapasitas PC. Dan dengan semakin seringnya kamu menggunakan PC maka akan dengan cepat kamu menerima peringatan dari Windows karena kapasitas PC yang semakin menurun. Hal ini juga akan membuat PCmu semakin lambat dan menghambat kegiatanmu.

 

Bersihkan dengan Storage Sense

Windows 10 dilengkapi dengan berbagai software yang membantu pengguna dalam melakukan pembersihan file dalam sistemnya dan salah satunya adalah Storage Sense. Software ini berguna untuk membersihkan PC secara otomatis ketika kapasitas PC sudah rendah. Untuk membuka software ini bisa dilakukam melalui Settings > System > Storage > Configure Storage sense atau Run it now.

Hapus Bloatware Windows 10

Apa itu Bloatware? Bloatware adalah aplikasi bawaan dari merk laptop yang digunakan, yang bertujuan untuk membantu dan memudahkan pengguna dalam mendapatkan informasi yang dapat dikatakan cukup trivial. Dimana aplikasi tersebut sebenarnya sangat jarang digunakan oleh kebanyakan pengguna sehingga hanya akan memakan tempat dan menjadi beban bagi PC.

Jika Perlu, Refresh Windows 10

Opsi ini hanya perlu diambil jika kamu merasa PCmu punya terlalu berantakan dan banyak junk files diberbagai tempat. Kamu bisa menginstall ulang Windows yang kamu gunakan.

Berbeda dengan Reset this PC dari pilihan setting Recorvery, melakukan install ulang terhadap Windows akan mengembalikan kondisi PC pada saat PC pertama kali dibeli. Kamu bisa melakukan install ulang dengan mengikuti step berikut:

  1. Klik pada Get Started dan buka Recorvery
  2. Pilih Keep my files dan pilih untuk download atau reinstall
  3. Pada pilihan Settings > Restore preinstalled apps? Pilih No

Meskipun terdapat pilihan untuk Keep my files, pastikan kamu sudah menyimpan datamu ditempat lain, karena pilihan yang diberi oleh Windows tidak menjamin tidak ada file yang hilang.