Maintenance Tips

Windows merupakan sistem operasi live yang memiliki pembaruan secara berkala. Biasanya PC akan melakukan pembaruan secara otomatis ke versi Windows terbaru, namun update otomatis tidak berjalan dengan baik, bahkan terkadang gagal. Ada beberapa kemungkinan kenapa update yang dilakukan Windows bisa gagal, mulai dari kapasitas PC yang kurang hingga sistem file yang rusak. Cek apakah PCmu memiliki masalah berikut ini:

Ruang Kapasitas PC Yang Kurang

Ketika kapasitas penyimpanan PC semakin berkurang, PC akan memberikan peringatan “The Storage running low, some system functions may not work”. Peringatan ini muncul karena dengan kurangnya kapasitas penyimpanan, maka akan banyak proses dalam sistem operasi yang akan terhambat atau tidak berjalan sama sekali, salah satunya adalah pembaruan otomatis dari Windows.

Windows memerlukan ruang penyimpanan untuk mengunduh dan menginstall pembaruan yang tersedia. Ruang kapasitas yang terlalu kecil akan menyebabkan Windows tidak dapat melakukan apapun untuk pembaruan tersebut.

Update Yang Menumpuk

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Windows memiliki pembaruan secara berkala. Pada umumnya, terdapat dua jenis pembaruan, pertama adalah pembaruan untuk sistem komponen utama dan kedua adalah pembaruan dalam fitur tambahan yang berjalan didalam komponen utama.

Jika ada tumpukan update yang mengantri, kamu perlu menginstal terlebih dahulu update yang krusial dari sistem komponen utama. Setelah update tersebut selesai, baru kamu dapat menginstall update dari fitur-fitur tambahan untuk sistem komponen tersebut.

Windows merupakan sistem operasi yang sangat bergantung terhadap komponen yang digunakan secara keseluruhan. Masing-masing dari komponen tersebut memiliki pembaruan sendiri, sehingga perlu dilakukan mengecekan secara berkala.

Cek Driver Yang Digunakan

Windows bekerja dengan bantuan berbagai komponen dalam PC, dan komponen tersebut bergerak menggunakan driver yang terinstall. Driver yang rusak, tidak ter-update, atau gagal bekerja akan menghambat berbagai proses didalam PC. Pastikan driver yang digunakan tidak rusak dan menggunakan versi terbaru.

File Sistem Yang Rusak

Windows memiliki berbagai file sistem penting yang diperlukan agar proses dapat bekerja. Adanya kesalahan atau kerusakan dalam file sistem tersebut dapat menjadi hambatan bagi sistem operasi untuk bekerja.

Jika update Windows gagal, dianjurkan untuk menjalankan System File Checker (SFC) dimana kamu dapat melakukan cek scan dalam sistem file utama dan melakukan perbaikan jika ada kerusakan.

Kamu dapat membuka Command Prompt dengan menekan tombol Windows + X. Lalu dalam jendela yang terbuka, ketik command sfc /scannow.