Laptop&PC Tips

Kebiasaan ini bisa bikin laptop rusak, tapi pasti Sobat Zetzet gak sadar deh pas ngelakuinnya. Kebiasaan yang dinilai tidak membahayakan dan secara tidak sadar dilakukan setiap harinya, bisa membuat laptop rusak yang kita pikir bahwa selama ini laptop kita baik-baik saja.

Apa ajasih kira-kira kebiasaan yang harus dihindarin banget biar laptop kita tetap awet dan gak gampang rusak?

1. Meletakan laptop di atas kasur atau sofa

Bermain atau menggunakan laptop pada bidang yang tidak datar seperti kasur dan sofa bisa menghalangi sirkulasi udara karena ventilasi laptop yang tertutup. Jika sirkulasi pada laptop terhambat, maka akan terjadi overheat. Laptop yang panas atau yang biasa disebut overheat, bisa merusak laptop karena memaksa kinerja kipas bekerja lebih keras untuk mendinginkan prosesor dan komponen lainnya.

2. Mengisi daya battery laptop dibawah 10%

Hentikan kebiasaan mengisi daya battery ketika sudah berada dibawah 10%. Tindakan ini bisa membuat umur battery untuk menyimpan daya semakin berkurang dan berakhir dengan kerusakan. Maka, disarankan untuk mengisi daya pada batas ketika battery sudah 30%.

3. Meletakan benda di atas laptop

Meletakan benda di atas laptop berarti memberikan beban pada bagian LCD. Tindakan ini sering dilakukan tanpa sadar dan akan memberikan dampak pada LCD dan/atau engsel laptop. Bodi monitor bagian belakang juga memungkinkan akan tergores.

4. Memakai mode sleep terlalu lama

Pemilihan mode sleep sering dilakukan ketika kita malas untuk menunggu proses booting yang lama. Tetapi, penggunaan mode sleep yang terlalu lama bisa membuat komponen pada laptop seperti motherboard rusak selain itu juga bisa terjadi back light. Sangat disarankan untuk mematikan laptop ketika Sobat Zetzet sudah tidak menggunakannya lagi ya!

5. Menggunakan laptop sambil makan

Menggunakan laptop sambil makan sangat memungkinkan bagian bodi laptop menjadi kotor. Serpihan-serpihan makanan yang terjatuh bisa masuk ke sela-sela keyboard lalu menyumbat sirkulasi udara. Jika sudah begitu, maka keyboard akan menjadi macet bahkan tidak bisa digunakan untuk mengetik lagi.

Dari poin-poin di atas yang mana nih yang sering Sobat Zetzet lakuin? Ingat yaa, yuk diubah kebiasaannya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan laptop Sobat Zetzet. Untuk Sobat Zetzet yang mau laptopnya jadi bersih lagi, bisa langsung chat mimin di nomor 0857 7693 8938 ya!