Gadgets Tips

Sobat Zetzet bingung gak sih kalau laptop kemasukan semut? Hal itu gak boleh dianggap sepele loh, karena ternyata bisa terjadi kerusakan pada laptop kita.

Penyebab masuknya semut ke laptop

Masuknya semut ke dalam laptop tidak selalu diakibat karena adanya serpihan-serpihan sisa makanan yang tertinggal pada laptop. Terkadang hal itu terjadi karena jarak laptop dan sarang semut yang dekat. Semut dinilai menyukai tempat yang memiliki ruang dan rongga, sehingga terkadang jeroan laptop dianggap menjadi sarang semut sehingga laptop kita dipenuhi dengan semut-semut.

Hal yang bisa dilakukan untuk membersihkan laptop dan menghindari semut untuk kembali masuk lagi adalah sebagai berikut:

1. Cari Asal Masuknya Semut

Semut bisa masuk ke dalam laptop lewat mana saja. Terkadang melewati engsel laya, keyboard, atau dari bagian bawah laptop. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui darimana semut masuk. Setelah itu kita bisa membersihkan tempat masuknya dan mengusir semut-semut yang sudah berada di tempat tersebut.

2. Menggunakan Kapur Anti Serangga

Cara penggunaan dari kapur anti serangga adalah dengan menggoreskan kapur pada selembar kertas atau pada meja kerja yang digunakan untuk laptop secara tipis. Lalu setelah itu taruh laptop (dengan keadaan mati) di atas selembar kertas atau meja kerja yang sudah digoreskan kapur. Tujuannya agar zat yang ada pada kapur bisa menyebar ke dalam rongga-rongga laptop dan akan membuat semut keluar. Lakukan selama 10-15 menit karena jika terlalu lama dikhawatirkan semut yang ada akan mati di dalam laptop dan akan semakin sulit untuk dikeluarkan. Setelah itu, jangan lupa untuk membersihkan bodi laptop yang terkena kapur anti serangga tersebut.

Jika semut sudah tidak masuk lagi ke dalam laptop, Sobat Zetzet juga harus mengetahui hal-hal apa saja yang harus dihindari agar semut tidak kembali masuk ke laptop.

1. Jangan Makan atau Minum Dekat Laptop

Salah satu penyebab utama masuknya semut adalah karena ada sisa makanan atau minuman yang terjatuh di laptop. Aroma dari makanan dan minuman tersebut akan menarik semut sehingga semut bisa masuk ke dalam laptop.

2. Gunakan Kapur Anti Serangga di Kaki Meja

Penggunaan kapur anti serangga pada kaki meja yang digunakan bisa mencegah semut untuk naik ke meja. Hal tersebut bisa menjauhkan laptop dari semut atau bahkan sarang semut yang ada.

3. Beri Jarak Antara Meja dan Tembok

Tidak jarang semut juga berada pada tembok. Dengan memberikan jarak antara meja dan tembok maka akan mencegah perpindahan semut untuk mendekati laptop ketika sedang berada di atas meja.

Semut bisa masuk ke laptop melalui celah yang ada. Jika jumlahnya sudah banyak atau bahkan sampai membuat sarang di dalam laptop, maka akan membahayakan kondisi laptop. Karena memungkinkan part atau partikel yang ada di dalam laptop rusak. Salah satu cara mudah untuk mencegah itu semua adalah menjaga kebersihan ketika memakai laptop dan tempat kita menggunakan laptop. Selain itu, Sobat Zetzet juga harus rutin untuk memeriksa kebersihan laptop bagian dalam.

Kalau Sobat Zetzet bingung gimana caranya untuk membersihkan laptop pada bagian dalam, bisa langsung chat mimin aja dengan klik tulisanĀ ONLINE di bagian bawah kanan pada web ya!