Cleaning Laptop Laptop&PC Uncategorized

Keyboard merupakan salah satu perangkat penting pada laptop. Jika keyboard laptop tidak berfungsi maka semua pekerjaan akan sangat terhambat. Secara umum keyboard adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat untuk input data dalam bentuk huruf, angka, dan simbol. Fungsi keyboard dinilai sangat penting karena perintah berupa teks dan kontrol lain dimasukan ke dalam sistem melalui keyboard.

Penyebab keyboard tidak berfungsi adalah karena terjadi gangguan pada software dan hardware. Cara mengetahui yang paling mudah penyebab kerusakaan yang terjadi adalah dengan cara mematikan dan menyalakan kembali laptop. Lalu dilanjutkan dengan menekan F2 atau Delete berulang kali saat laptop sedang proses boating.

Masalah Keyboard Pada Hardware

Penyebab umum keyboard yang tidak berfungsi adalah adanya gangguan pada hardware. Hal yang terhambat biasanya terjadi ketika ada masalah pada software atau driver laptop. Selain, itu keyboard juga bisa mengalami gangguan ketika sering mengunduh perangkat lunak pihak ketiga dan sering mematikan laptop secara paksa.

Langkah Mengatasi Keyboard Tidak Berfungsi

Ada banyak cara mudah untuk mengatasi keyboard yang sedang gangguan atau tidak berfungsi. Salah satunya yang adalah dengan membersihkan keyboard dari debu dan update driver keyboard pada laptop.

Membersihkan Keyboard Dari Debu

Salah satu faktor utama dan yang paling umum penyebab keyboard tidak berfungsi adalah karena banyak debu yang terselip di keyboard. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Sobat Zezet bisa membersihkan debu yang ada pada keyboard. Cara mudahnya adalah dengan mematikan laptop terlebih dahulu dan miringkan laptop 75 derajat lalu goyangkan laptop untuk meyingkirkan debu yang ada.

Perbaiki Driver Pada Keyboard

Keyboard yang secara tiba-tiba tidak berfungsi juga bisa disebabkan karena driver yang tidak diperbaharui. Adanya aplikasi perusak yang juga bisa memicu keyobard menjadi kurang responsif. Cara untuk mengatasinya adalah dengan cara memeriksa dan memastikan masalah tersebut dari device manager.

Dari masalah yang sudah Mr.Zetzet sebutkan, inti dari permasalahan keyboard yang tidak berfungsi adalah dari segi kebersihan keyboard. Sobat Zetzet bisa menjaga kebersihan keyboard dengan cara melakukan pengecekan dan pembersihan secara rutin. Tentunya Mr. Zetzet bisa bantu kalian semua yang mau melakukan pembersihan laptop maupun PC nih! Langsung chat Mr.Zetzet dengan cara klik tulisan “Online” di web Zetzet yaa!