Uncategorized

Banyak dari kalian pasti bertanya-tanya bagaimana sih cara mengetahui atau mendeteksi motherboard rusak, yang kalian perlu ketahui bahwa motherboard jika rusak akan sulit terdeteksi oleh kita karena gejalanya hampir mirip dengan gejala pada komponen lainya. seperti contoh jika laptop kalian mati total atau tidak bisa digunakan ada kemungkinan bahwa motherboard kalian rusak, namun hal tersebut laptop mati juga terjadi karena kerusakan dari CPU seperti mekanisme fail safe yang disebabkan oleh debu pada motherboard atau kipas yang dapat menyebabkan kematian pada laptop. tidak perlu berlama-lama lagi untuk mempelajari hal yang perlu diamati untuk mengetahui ciri-ciri motherboard yang timbul kerusakan? 

Ciri-ciri Motherboard Rusak

1. Gagal Booting

Salah satu ciri-ciri motherboard rusak akan menyebabkan komputer atau PC kalian gagal booting yang akan membuat kalian mendapatkan peringatan error. Hal tersebut terjadi karena adanya hardisk dan RAM yang tidak terbaca sehingga tidak dapat masuk ke desktop. 

2. Sistem Sering Crash Tanpa Sebab

Biasanya jika kalian berhasil untuk booting akan terjadinya crashing atau freezing tanpa alasan dengan jangka waktu yang tidak tentu.

3. Komputer sering tiba-tiba mati

Pada motherboard sendiri terdapat cooling pad  sama seperti kipas angin mini, selain kipas angin pada perangkat motherboard juga memiliki pendeteksi suhu. Jika pendeteksi suhu rusak maka cooling pad  akan bekerja secara sembarangan dan motherboard sendiri akan lebih mudah untuk panas. Oleh karena itu, akan menyebabkan overheating pada laptop yang membuat laptop atau PC menjadi mati tiba-tiba.

4. Komponen Fisik Rusak Pada Motherboard

Merupakan hal yang kasat mata ketika dibenarkan akan terlihat ada bagian yang rusak seperti lepas, putus atau hangus karena kepanasan. Hal yang bisa menyebabkan overheating yaitu dengan laptop yang terlalu panas, material kapasitor yang cacat atau karena motherboard yang sudah tua dan kapasitor yang tua. 

5. Komputer Sulit Dihidupkan 

Selain karena motherboard rusak penyebab lainnya juga terjadi karena laptop atau PC terlalu lama dalam keadaan sleep atau hibernasi atau hal lainnya seperti kerusakan pada HDD. Pastikan Power Supply Unit  menyala dengan warna hijau, jika tidak menyala berarti terdapat masalah pada PSU atau motherboard.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Sobat Zetzet langsung membawa dan periksakan ke teknisi yang lebih mengerti dan profesional dalam menangani permasalahan pada laptop seperti Mr.ZetZet yang siap membenarkan laptop kalian yang bermasalah.