Maintenance

Thermal paste merupakan sebuah zat yang dioleskan di antara prosesor dan unit pendingin atau bisa juga dioles tepat di atas CPU dan VGA. Fungsinya adalah untuk mendinginkan prosesor atau kartu grafis agar bisa bekerja dengan lancar dan tanpa kendala. Biasanya, ketika kita membeli laptop thermal paste sudah dioleskan namun seiring berjalannya waktu pemakaian akan pudar atau bisa menjadi kering. Ketika sudah kering dan dirasa sudah tidak memberikan fungsinya dengan baik itu merupakan tanda bahwa kita sudah harus mengganti thermal paster dengan yang baru.

Hand with syringe applying thermal paste on the CPU processor on motherboard Close up
Thermal Paste Penting Atau Nggak?

Kehadiran thermal paste bisa dibilang cukup penting karena tanpa kehadirannya, tidak akan ada perpindahan panas yang optimal antara CPU dan heat sink. Jika sudah begitu maka CPU akan menjadi jauh lebih panas daripada seharusnya. CPU yang terlalu panas bisa menghasilkan kinerja prosesor yang lambat dan bisa menyebabkan blue screeen atau mati secara tiba-tiba.

Penggantian thermal paste juga penting untuk dilakukan dengan benar karena jika proses yang dilakukan salah atau jenis thermal paste yang digunakan tidak sesuai, maka akan muncul masalah baru.

Kalau Sobat ZetZet bingung cari tempat yang aman untuk ganti thermal paste, bisa langsung hubungi Mr.ZetZet aja!