Cleaning Laptop Gadgets General Laptop&PC Maintenance Tips

Kebersihan mechanical keyboard merupakan suatu hal yang penting untuk dijaga. Bagi Sobat ZetZet, sangat penting untuk mengetahui hal ini terutama dengan bagaimana tangan kita selalu berada di atas keyboard, dan kita menggunakan tangan untuk banyak hal; dari makan bahkan menyentuh wajah kita.

Ada banyak cara untuk membersihkan mechanical keyboard dan Mr.ZetZet ada di sini untuk memberi tahu caranya!

Secara umum, kalian harus membersihkan keyboard secara teratur. Hal ini untuk mencegah penumpukan kotoran yang bisa menjadi lebih parah jika kalian makan sambil menggunakan keyboard. Seiring waktu, debu dan makanan akan mulai menyatu dengan pelat logam bercat yang menopang setiap key switch.

Langkah-Langkah Membersihkan Mechanical Keyboard
  1. Copot keyboard kalian dengan hati-hati
  2. Untuk menghilangkan remah-remah atau debu dari keyboard, balikkan keyboardnya dan pegang dengan satu tangan sambil mengetuknya dengan tangan lain.
  3. Jika kalian memiliki air pressure gun, perangkat tersebut bisa digunakan untuk mengeluarkan debu dari bawah tombol keyboard kalian.
  4. Penyedot debu portabel kecil juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menghilangkan kotoran dari keyboard.
  5. Jika air, kopi, atau cairan lain tumpah ke keyboard Anda, gunakan kain untuk menyerapnya sebanyak mungkin. Oleskan perlahan dan biarkan selama beberapa detik untuk menyerap kelembapan.
  6. Setelah menyerap cairan sebanyak yang Anda bisa, letakkan keyboard terbalik di atas ember atau bak cuci setidaknya selama dua hari agar semua kelembapan benar-benar kering. Juga, segera lepaskan tombol dari keyboard untuk memastikan tidak ada yang lengket yang mengering di dalamnya.
  7. Basahi sedikit kain bersih dan seka keyboard dengan lembut.
  8. Jika keyboard Anda lengket, Anda mungkin ingin menyemprotkan sedikit pembersih rumah serbaguna ke kain untuk membantu menetralkan apa pun yang menempel di tombol.
  9. Coba gunakan gel pembersih keyboard. Gel pembersih bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk membersihkan keyboard mekanis karena mengikuti bentuk keyboard untuk menjangkau area yang tidak dapat dijangkau oleh kain.
  10. Bersihkan keycaps satu per satu. Jika keyboard mekanis sangat kotor atau lengket, Anda dapat menggunakan alat penarik keycap untuk melepas setiap keycap untuk dibersihkan.